Suhenri, Adi (2018) Pembinaan santri dalam peningkatan prestasi Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1523100075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu banyaknya prestasi-prestasi yang diraih oleh santri di bidang Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK), prestasi-prestasi tersebut diperoleh disebabkan melalui pembinaan terhadap santri yang dilakukan pada ekstra kurikuler mengenai tata cara membaca kitab kuning dengan kaidah-kaidahnya, menerjemahkan, memahami dan berbagai hal yang berkaitan dengan MQK. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pembinaan santri dalam meningkatkan prestasi musabaqah qiraatul kutub (MQK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembinaan santri dalam peningkatan prestasi MQK? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi pembinaan santri dalam peningkatan prestasi MQK? (3) Apa saja kendala pembinaan santri dalam peningkatan prestasi MQK? Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pembinaan, santri, prestasi dan qiraatul kutub. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualit atif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mudir, panitia pembina, guru dan santri. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan telah diperoleh hasil bahwa: 1. Banyaknya prestasi MQK yang diraih santri/yah adalah diperoleh dengan adanya kegiatan pembinaan santri dalam peningkatan prestasi MQK. Pembinaan MQK ini dipersiapkan dan dilaksanakan dengan serius dan terjadwal. Pembinaan santri dalam peningkatan prestasi MQK dimulai dengan perencanaan tentang santri/yah binaan, guru pembina, waktu dan jadwal pembinaan MQK. Adapun tahapan dan metode yang digunakan guru dalam membina santri/yah yaitu membaca dengan suara keras, membaca/ qira︠ah dengan tepat, arti kosa kata/ mufroda︠t, pemahaman makna, melakukan tes. Ada beberapa hal yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi MQK yaitu percepatan, latihan, perlombaan, tutor sebaya. 2. Faktor yang mempengaruhi pembinaan MQK adalah faktor jasmani faktor psikologis, faktor sosial, faktor latihan dan ulangan, faktor cara mengajar guru, faktor kerja sama orangtua dengan pihak pesantren. 3. Faktor kendala pembinaan MQK adalah masalah waktu, media audio visual, lokal yang tidak tersedia, buku yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Musabaqah Qiraatul Kutub; Prestasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 01 Jun 2020 19:00 |
Last Modified: | 01 Jun 2020 19:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1834 |
Actions (login required)
View Item |