Nasution, Azhar (2017) Analisis kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1423100039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis komponen kurikulum yang menjadi fokus dan masalah penelitian ini yaitu: komponen tujuan, bahan ajar, strategi dan evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tujuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan. 2) Pengembangan bahan ajar (materi) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan 3) Strategi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, dan 4) Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengolahan dan analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) berupa pembahasan mendalam terhadap isi buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tujuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan adalah untuk menjadi manusia muslim yang beriman, berakhlak mulia dan beribadah dengan benar 2) Pengembangan bahan ajar (materi) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan secara umum sudah sesuai dengan rancangan isi kurikulum, namun ada beberapa aspek yang patut dikritisi sebagai bahan kajian perbaikan, di antaranya: pembahasan materi sulit 3) Strategi yang digunakan pada Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan sebagian besar menggunakan strategi ekspositori dengan metode ceramah. 4) Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200514 Labuhan-Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan adalah ‘amalut talamiz (perilaku siswa), imtihan (latihan), lembar portofolio dan latihan ulangan umum semester 1 dan 2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Analisis kurikulum; PAI; KTSP |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 01 Jun 2020 18:43 |
Last Modified: | 01 Jun 2020 18:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1831 |
Actions (login required)
View Item |