Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkam nilai-nilai pendidikan multikultural bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan

Tinambunan, Rivai Arif (2017) Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkam nilai-nilai pendidikan multikultural bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat multikultural tidak dapat dielakkan dalam kehidupan nyata, seperti halnya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan di mana siswanya terdiri atas beberapa suku dan tingga di daerah mayoritas non muslim. Oleh sebab itu perlu untuk mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan multikultural melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data adalah guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sionom Hudon. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menununjukkan: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan adalah: Pertama, kompetensi pedagogik dengan memberikan materi pembelajaran di dalam kelas tentanga kesetaraan, toleransi, demokrasi dan kemanusiaan. Kedua, kompetensi kepribadian dengan menampilkan nilai-nilai pendidikan multikultural dihadapan siswa agar dapat ditiru. Ketiga, kompetensi professional, yaitu guru memahami dan mengerti tentang nilai-nilai pendidikan multikultural kemudian dikembangkan dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural terhadap siswa. Keempat, kompetensi sosial. Guru memiliki pengetahuan tentang nilai-nilai pendidikan multikultural yang disesuaikan dengan budaya dan tradisis masyarakat. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan adalah dengan memberikan pujian kepada siswa yang mengamalkan nilai-nilai pendidikan multikulutral, sedangkan siswa yang tidak mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, guru meberikan penyadaran akan pentingnya nilai-nilai pendidikan multikultural melalui kisah-kisah Rasulullah saw. 3). Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu menyediakan media pembelajaran seperti laptop, infokus dan buku pelajaran tambahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Guru PAI; Pendidikan multikultural
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 30 May 2020 11:31
Last Modified: 30 May 2020 11:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item