Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh percaya diri terhadap prestasi belajar matematika (studi di kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan)

Sari, Pita (2016) Pengaruh percaya diri terhadap prestasi belajar matematika (studi di kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah fakta dilapangan dimana percaya diri siswa masih rendah, khususnya dalam pelajaran matematika. Mengingat percaya diri merupakan salah satu kondisi psikologis seseorang yang berpengaruh terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, maka percaya dirii tu sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh percaya diri terhadap prestasi belajar matematika di kelas VIII di SMP N 5 Padangsidimpuan ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh percaya diri terhadap prestasi belajar matematika di kelas VIII SMPN 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 5 Padangsidimpuan yang berlokasi di Jln. Perintis Kemerdekaan No. 61 Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan mulai dari kelas VIII-1 sampai VIII-12 yang berjumlah 289 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling yang berjumlah 58 orang siswa. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh kesimpulan bahwa berdasarkan analisis data dengan menggunakan korelasi product moment, kemudian dilanjutkan dengan regresi sederhana, dalam analisis ini taraf kesignifikanan 5% dan N = 58, ternyata ditemukan korelasi sebesar 0,513 dan lebih besar dari kemudian melalui uji signifikasi dengan rumus uji t diperoleh bahwa thitung > ttabel (4,475 > 2,003). Besar kontribusi variabel X (percaya diri siswa) terhadap variabel Y (prestasi belajar matematika) sebesar 26,3%, dan dengan demikian diterima ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri siswa terhadap prestasi belajar matematika di kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Rasa Percaya Diri; Prestasi Belajar Matematika Siswa
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Apr 2020 01:19
Last Modified: 13 Jul 2020 08:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item