Helmi, Muktar (2017) Pemaknaan jilbab dalam pembentukan perilaku berbusana siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1523100115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi penerapan Peraturan Daerah (perda) Kota Padangsidimpuan Nomor 6 Tahun 2006 pada lembaga pendidikan yang mewajibkan setiap siswi, tenaga pendidik dan kependidikan untuk memakai busana muslim dan muslimah bagi yang beragama Islam. Keragaman pemaknaan jilbab sebagai bagian busana muslimah terlihat jelas setelah proses pembelajaran di sekolah selesai, dimana sebagian siswi tetap konsisten memakai jilbab, sebagian kadang memakainya bahkan sebagian lagi tidak memakainya. Hal ini membuat peneliti tertarik meneliti bagaimana “Pemaknaan jilbab dalam pembentukan perilaku berbusana siswi Sekolah SMA Negeri 1 Padangsidimpuan”. Melalui pendekatan fenomenologi peneliti melakukan penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif, pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswi SMA Negeri 1 Padangsidimpuan memaknai jilbab sesuai pemahaman keagamaan mereka dengan cukup beragam yaitu: jilbab sebagai identitas sosial, jilbab sebagai kontrol sosial dan jilbab sebagai perkembangan mode. Kemudian penerapan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pemakaian Busana Muslim dan Muslimah pada lembaga pendidikan, instansi pemerintahan dan badan usaha milik daerah di kota Padangsidimpuan mampu mengenalkan busana muslim dan muslimah kepada anak sejak dini. Pembiasaan pemakaian jilbab ini memberikan dampak positif dalam perilaku berbusana siswi, terutama dalam mempraktekkan sebagian dari ajaran agama yang mencerminkan keterpaduan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan membentengi masyarakat dari pengaruh fashion bangsa asing yang tidak sesuai dengan norma agama, norma adat, norma kesopanan dan kesusilaan. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara peneliti terhadap subjek penelitian utama bahwa perilaku berbusana siswi SMA Negeri 1 Padangsidimpuan dipengaruhi setidaknya lima faktor yaitu: faktor pemahaman keagamaan, faktor kebiasaan (penerapan perda), faktor keluarga, faktor lingkungan atau teman sebaya dan faktor media informasi sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pemaknaan jilbab; Perilaku berbusana |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 11:18 |
Last Modified: | 30 May 2020 11:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1818 |
Actions (login required)
View Item |