Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pendidikan humanis dalam perspektif Hadis: Kajian kitab Ṣaḥīḥ al-Bukhārī

Aqib, Chusnul (2017) Pendidikan humanis dalam perspektif Hadis: Kajian kitab Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan adalah media kultural yang bertujuan membantu manusia menemukan hakikat kemanusiaannya. Namun, hingga saat ini pendidikan belum mencapai titik idealnya yakni memanusiakan manusia. Fenomena konflik, kekerasan, serta demoralisasi di kalangan pelajar telah mencerminkan gagalnya pendidikan untuk menanamkan nilai humanis dan karakter kepada peserta didiknya. Nabi Muhammad SAW, melalui beberapa hadisnya telah memberikan banyak teladan bagaimana seharusnya pendidikan itu dilaksanakan. Berangkat dari kerangka tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan humanis dalam perspektif hadis. Apa saja nilai-nilai pendidikan humanis dalam kitab Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, serta bagaimana relevansi konsep pendidikan humanis dalam perspektif hadis terhadap pengembangan pendidikan karakter. Penelitian ini termasuk penelitian library research dengan sumber data primer kitab Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Penulis menggunakan pendekatan tematik (mauḍu’i). Teknik pengumpulan data menggunakan metode takhrīj al-ḥadīṡ bi al-lafẓī. Dengan menggunakan analisis isi (conten analysis), maka arah pembahasan tesis ini untuk menginterpretasikan suatu hadis (sebagai landasan teoritis) dikaitkan dengan masalah-masalah pendidikan yang masih aktual untuk dibahas, yang selanjutnya dipaparkan secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa konsep pendidikan humanis dalam perspektif hadis bertujuan untuk mengembangkan fitrah manusia secara utuh, menjadi hamba Allāh yang ṣālih secara individual dan sosial, menjadi manusia profesional sesuai dengan minat dan bakatnya, ber-akhlāq al-karīmah, sehingga memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Pendidik humanis menjunjung tinggi prinsip mendidik tidak setiap waktu agar peserta didik tidak bosan. Pengajaran disesuaikan dengan tingkat psikologi peserta didik, mengedepankan sifat kasih sayang, penuh perhatian dan tidak diliputi amarah serta selalu memberi kemudahan kepada peserta didik. Peserta didik yang humanis hendaknya memiliki semangat belajar, mengamalkan dan mengajarkan ilmu yang dimilikinya, perhatian kepada sesama peserta didik, dan tidak malu dalam menuntut ilmu. Kurikulum pendidikan humanis meliputi materi pendidikan emosi dan materi pendidikan sosial. Adapun nilai-nilai pendidikan humamis dalam perspektif hadis adalah nilai persamaan, persaudaraan, dan kebebasan. Pembentukan karakter hendaknya diberikan melalui semua mata pelajaran, kegiatan pengembangan diri, dan budaya sekolah. Pendekatan personal melalui metode tanya jawab dan diskusi, yang lazim digunakan dalam pendidikan humanis penting diterapkan dalam pengembangan pendidikan karakter, agar nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan tidak hanya sekedar menjadi pengetahuan, tetapi harus sampai terwujud dalam tindakan keseharian.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Pendidikan humanis; Kitab Shahih Al-Bukhari
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 30 May 2020 10:48
Last Modified: 30 May 2020 10:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item