Siregar, Ali Napia (2017) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SD Negeri 200216 Kelurahan Aek Tampang Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1523100094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah akhlak siswa yang menjadi salah satu problem di SD Negeri 200216 Kelurahan Aek Tampang Kota Padangsidimpuan. Banyak siswa yang menampakkan akhlak buruk, seperti berbicara kotor, bolos sekolah, membuat keributan di lingkungan sekolah. Akibat yang ditimbulkan tersebut cukup serius maka dibutuhkan suatu upaya untuk memperbaiki akhlak siswa agar tidak menjurus kepada hal yang lebih parah dan membahayakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran akhlak siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak, dan upaya guru pendidikan Agama Islam membina akhlak siswa di SD Negeri 200216 Kelurahan Aek Tampang Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan digunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh gambaran bahwa di SD Negeri 200216 Kelurahan Aek Tampang Kota Padangsidimpuan, terdapat sejumlah siswa yang memiliki akhlak yang tidak baik, seperti berbicara kotor, bolos sekolah, membuat keributan di lingkungan sekolah. Upaya yang dilakukan dalam membina akhlak siswa adalah memberikan nasehat, teguran, membuat surat perjanjian, memanggil orangtua siswa. Upaya guru Pendidikan Agama Islam membina akhlak siswa dalam bentuk kegiatan moral dan agama antara lain berdo’a ketika akan belajar, mengucapkan salam ketika masuk kelas, kantor dan rumah, memperingati hari-hari besar Islam. Sedangkan dalam bentuk kesosialan antara lain menjeguk teman yang sakit, membantu teman yang kena musibah. Faktor pendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa adalah kerja sama antara orangtua, guru dan kepala sekolah, dukungan dari komite sekolah, sedangkan faktor penghambat Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, lingkungan sekolah yang kurang nyaman, dan minimnya dukungan sebagian orangtua terhadap pendidikan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Guru PAI; Akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 10:44 |
Last Modified: | 30 May 2020 10:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1812 |
Actions (login required)
View Item |