Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembelajaran berbasis sentra di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Terpadu Al-Hijrah Bintuju Kabupaten Tapanuli Selatan

Maisaroh, Maisaroh (2017) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembelajaran berbasis sentra di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Terpadu Al-Hijrah Bintuju Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dalam upaya mengoptimalisasikan perkembangan agama dan moral anak, perlu ditanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) kepada diri anak sejak dini, untuk menjadi bekal kehidupannya dimasa mendatang. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada empat yaitu: (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam sentra al-Islam? (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam sentra bahasa? (3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam sentra kognitif? (4) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam sentra sains? Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif. Sumber data ataupun informan penelitian ini adalah Penyelenggara, Bidang kurikulum, guru, guru pengganti dan siswa Taman Kanak-kanak (TK) Islam Terpadu Al-Hijrah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil, yaitu: 1. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang diinternalisasikan dalam sentra al-Islam ada tiga yaitu: a. Nilai akidah. Metode internalisasinya: Ceramah, tanya jawab, pembiasaan, nasehat dan kisah. b. Nilai ibadah. Metode internalisasinya: Ceramah, tanya jawab, pembiasaan, hafalan, demonstrasi, pengawasan, hukuman dan hadiah, karya wisata dan nasehat. c. Nilai akhlak. Metode internalisasinya: Ceramah, tanya jawab, pembiasaan, keteladanan, nasehat, perhatian dan pengawasan dan kisah. 2. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang diinternalisasikan dalam sentra bahasa ada tiga, yaitu: a. Nilai akidah. Metode internalisasinya : Menulis, membaca, pembiasaan, ceramah dan cerita. b. Nilai ibadah. Metode internalisasinya: Iqra/membaca, menulis, ceramah, hafalan dan pembiasaan. c. Nilai akhlak. Metode internalisasinya: Iqra (membaca), menulis, ceramah, pembiasaan, keteladanan, pengawasan dan nasehat. 3. Nilai yang diinternalisasikan dalam sentra kognitif, ada tiga, yaitu: a. nilai akidah. Metode internalisasinya: Pembiasaan. b. nilai ibadah. Metode internalisasinya: Pembiasaan. c. Nilai akhlak. Metodemya: Pembiasaan, keteladanan, pengawasan dan nasehat. 4. Nilai yang diinternalisasikan dalam sentra sains adalah nilai akidah dan akhlak. Metodenya: eksperimen, karyawisata dan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: PAI; Sentra
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 30 May 2020 10:34
Last Modified: 30 May 2020 10:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item