Sitompul, Maya Sari (2017) Materi pendidikan Islam menurut pemikiran Hasan al-Banna. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1423100069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pemikiran adalah sebuah hasil dari proses berpikir yang melibatkan empat komponen yaitu indera, fakta, otak, dan informasi awal. Pendidikan adalah suatu proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang dalam usaha mendewasakan melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Melalui upaya ini diharapkan agar pendidikan yang ditawarkan mampu sejalan dengan dinamika peradaban modern tanpa harus melepaskan nilai-nilai ketuhanan. Penelitian ini menggunakan penelitian studi tokoh yang mengkaji pemikiran dan menemukan konsep, melakukan interpretasi hasil temuan, dan menganalisis isi wacana penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa seluruh proses pendidikan yang dilakukan oleh Hasan al-Banna diselaraskan dengan tujuan pendidikan yang terdapat di dalam al-Qur’an dan Sunah. Dengan cara ini Hasan al-Banna meyakini betapa pentingnya pendidikan Islam untuk kebaikan manusia. Keyakinan tersebut ia tuangkan dalam tujuan pendidikan Islam tertinggi yaitu untuk mewujudkan manusia yang paripurna dengan meyakini bahwa Islam adalah sistem yang mutlak, universal, dan komprehensif yang mampu mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Tujuan tersebut dituangkan dalam bentuk materi pendidikan Islam. Materi-materi yang terdiri dari aspek iman, ilmu, amal, dan akhlak dibingkai menjadi tiga bagian kelompok pendidikan yaitu pendidikan akal, pendidikan rohani, dan pendidikan jasmani. Materi pendidikan akal terdiri dari karakteristik akal yang berjumlah sembilan karakter. Materi pendidikan rohani terdiri dari akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, dan akhlak kepada sesama. Materi pendidikan jasmani terdiri dari rihlah, jawwalah, dan menjaga kesehatan fisik. Secara keseluruhan materi pendidikan Islam yang diinginkan oleh Hasan al-Banna adalah mewujudkan putra putri terbaik umat ini untuk memiliki akidah yang bersih, ibadah yang benar, akhlak yang kokoh, jasmani yang kuat, intelek dalam berpikir, kuat melawan hawa nafsu, sungguh-sungguh menjaga waktu, teratur dalam semua urusan, mampu berusaha sendiri, dan bermanfaat bagi orang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Islam; Hasan Al-Banna |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 10:15 |
Last Modified: | 30 May 2020 10:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1808 |
Actions (login required)
View Item |