Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan baca Al-Qur’an melalui metode Al-Hira’ dengan menggunakan media audio visual di kelas XI IPS SMAN 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara

Kamiase, Kamiase (2016) Peningkatan kemampuan baca Al-Qur’an melalui metode Al-Hira’ dengan menggunakan media audio visual di kelas XI IPS SMAN 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1423100065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah melalui Nabi Muhammad Saw. oleh sebab itu, agama menganjurkan agar senantiasa dibaca, dikaji dan diamalkan apa yang tertulis di dalamnya. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Padang Bolak Julu memiliki mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu kegiatannya adalah belajar membaca al-Qur’an. Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu yang berjumlah 22 siswa belum seluruhnya mampu membaca al-Qur’an. Metode Al-Hira’ dengan menggunakan media audio visual merupakan metode yang dianggap mampu mengatasi masalah ini, dimana metode ini dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa dalam 24 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana Penerapan Metode al-Hira Dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara? 2) Bagaimana Kemampuan Membaca Al-Qur’an setelah Menerapkan Metode al-Hira Dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat tahapan. Dalam proses penelitian tindakannya adalah melalui tahapan perencanaan, tahapan tindakan, tahapan observasi dan tahapan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara tahun ajaran 2015-2016. Jumlah siswa yang menjadi objek sebanyak 22 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus setelah dilakukannya pra tindakan. Masing-masing siklus dilakukan dua kali putaran. Hasil penelitian dihimpun dari observasi dan tes langsung (praktek) yang dilakukan setiap selesai pembelajaran. Dari penelitian yang dilakukan, hasilnya adalah bahwa: 1) Penerapan Metode al-Hira Dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara adalah berlatar belakang rendahnya kemampuan siswa membaca al-Qur’an. Penerapannya dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dua kali putaran. Pada siklus pertama putaran pertama dan kedua belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) dan Tuntas Belajar Klasikal (KBK), selanjutnya dilakukan siklus II, pada putaran pertama telah mencapai KKM dan KBK, namun untuk lebih maksimal lagi, dilakukan putaran kedua, sehingga data menunjukkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara mengalami peningkatan. Adapun kemampuan membaca al-Qur’an siswa setelah Menerapkan Metode al-Hira Dengan Menggunakan Media Audio Visual adalah pada waktu pelaksanaan pre test putaran pertama kemampuan membaca al-Qur’an siswa sebanyak 9%, kemudian pada putara ke dua sebanyak 12%. Pada tindakan siklus pertama setelah diterapkannya metode Al-Hira’ dengan menggunakan media audio visual kemampuan membaca al-Qur’an siswa meningkat menjadi 40%, pada putaran ke dua meningkat lagi menjadi 68%. Tindakan selanjutnya pada siklus ke dua putaran pertama menunjukkan peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa yaitu sebanyak 77% dan bapa putara ke dua kemampuan semakin meningkat menjadi 81%. Hal ini sesuai dengan intervensi tindakan yang diharapkan yaitu tujuh puluh lima persen (75%) Tuntas Belajar Klasikal (TBK) dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar > 70 dalam pembelajaran membaca al-Qur’an. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan sebelumnya dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Metode Al-Hira'; Media audio visual; Kemampuan baca Alquran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 30 May 2020 10:08
Last Modified: 30 May 2020 10:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item