Harahap, Aziddin (2016) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam internalisasi nilai-nilai pluralitas agama dan implikasinya terhadap prilaku siswa SMA Negeri 1 Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1423100057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kehidupan keagamaan di sekolah tak ubahnya sebagai sebuah Laboratorium pluralisme. Begitu pula halnya SMA Negeri 1 Sungai Kanan Labuhanbatu Selatan, adalah sebuah lembaga pendidikan menengah yang merangkul berbagai macam peserta didik dengan berbagai macam latar belakang agama maupun etnis. Perbedaan latar belakang agama dan etnis Jika disikapi, disadari serta diterima dengan ketulusan hati, maka akan melahirkan sebuah masyarakat sekolah yang harmonis. Peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tujuan penelitian untuk mengetahui realitas pluralitas agama, upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi nilai- nilai pluralitas Agama, implementasi internalisasi nilai- nilai pluralitas Agama pada perilaku Siswa, dan Implikasi Internalisasi nilai-nilai pluralitas agama pada prilaku siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi, reduksi, dan interpretasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Realitas pluralitas agama di SMA Negeri 1 Sungai Kanan Labuhanbatu Selatan terdapat Nilai-nilai luhur yang telah diterapkan di SMA Negeri 1 Sungai Kanan Labuhanbatu Selatan. 1) Saling menghargai. 2) Saling menghormati. 3) Tidak membeda-bedakan dalam pemberian hak kepada setiap individu. 4) Tidak saling menjatuhkan. 5) Mengakui keragaman agama sebagai bentuk Sunnatullah. Kedua, Adapun upaya guru pendidikan Agama Islam dalam internalisasi nilai-nilai pluralitas agama. 1) Membangun Pradigma Keberagamaan 2) Menghargai keragaman bahasa. 3) Membanguan sikap kepedulian sosial. 4) Membangun sikap anti diskriminasi terhadap perbedaan kemampuan. 5) Membangun sikap anti diskriminasi umur. 6) Melakukan pengembangan materi pelajaran (PAI) dengan cara mengembangkan silabus. 7) Memberi kepahaman kepada Siswa akan arti pluralisme Agama secara mendalam melalui pelajaran agama Islam yang didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits. 8) Melakukan bimbingan-bimbingan keagamaan di luar kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. 9) Guru sebagai teladan. memberikan contoh yang baik.10) Pembinaan dialog antarumat beragama dalam kegiatan bersama di luar kelas. Ketiga Implementasi pluralitas 1) Pembelajaran melalui pemberian materi. 2) Kegiatan intra sekolah. 3) Kegiatan ekstra sekolah. Keempat Implikasi internalisasi nilai-nilai pluralitas terhadap prilaku siswa. 1) Terlaksananya perayaan keagamaan yang melibatkan siswa yang berbeda Agama sebagai panitia dalam hal kegiatan keagamaan. 2) Terwujudnya Komunikasi yang baik antar guru dan siswa serta antar siswa tanpa membedakan agama ataupun ras dan suku bangsa. 3) Terlaksananya kegiatan Pembinaan dialog antarumat beragama dalam kegiatan bersama di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Guru PAI; Pluralitas agama; Perilaku siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 09:52 |
Last Modified: | 30 May 2020 09:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1804 |
Actions (login required)
View Item |