Ritonga, Amaliyah (2016) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) di kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1423100056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Ada kalanya siswa bermasalah ketika belajar, atau guru yang bermasalah dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Jika ternyata guru yang menghadapi masalah ketika mengajar, tentu diperlukan cara terbaik untuk menyampaikan materi pelajaran, dengan cara mencarikan pola pendekatan, model, atau strategi pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa semakin tinggi, memuaskan dan optimal, dan salah satu diantaranya adalah Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini adalah penelitian lapangan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa melalui strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di Kelas XI IPA-1 SMA Negeri-1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, yang dilaksanakan sejak bulan Januari 2016 sampai dengan bulan Oktober 2016. Lokasi penelitian adalah di Kelas XI IPA-1SMA Negeri-1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, jumlah siswa sebanyak 27 orang, dan materi pelajaran yang diteliti adalah “Syari’at Islam tentang Tatacara Mengurus Jenazah”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan penelitian menggunakan strategi pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), hanya sebahagian kecil siswa yang belajar di Kelas XI IPA-1 sekolah ini memiliki motivasi belajar yang tinggi dan sangat tinggi mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yakni sebesar 25,93 % (7 orang). Dan setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Siklus I, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dan sangat tinggi, yakni meningkat menjadi 51,85 % (14 orang). Kemudian dilanjutkan Siklus II, maka jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dan sangat tinggi meningkat menjadi 66,67 % (18 orang) Sebelum dilakukan penelitian menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), hanya sebahagian kecil siswa yang belajar di Kelas XI IPA-1 sekolah ini yang tuntas belajarnya dengan memperoleh nilai atau hasil belajar di atas nilai KKM = nilai 75 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan persentase sebesar 40,74 % (11 orang siswa). Kemudian setelah dilakukan penelitian menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Siklus I, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai (hasil belajar) di atas nilai KKM = nilai 75, yakni sebesar 62,96 % (17 orang siswa). Kemudian dilanjutkan Siklus II, maka jumlah siswa yang memperoleh nilai (hasil belajar) di atas nilai KKM = nilai 75 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan, yakni sebesar 85,18 % (23 orang siswa).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Motivasi dan hasil belajar; PAI; Problem based learning |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 09:28 |
Last Modified: | 30 May 2020 09:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1803 |
Actions (login required)
View Item |