Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan motivasi belajar dan keterampilan salat siswa dengan menggunakan metode Modelling pada materi salat fardhu di Kelas III SD Negeri Nomor 100115 Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Ritonga, Yuhilda Miswani (2016) Peningkatan motivasi belajar dan keterampilan salat siswa dengan menggunakan metode Modelling pada materi salat fardhu di Kelas III SD Negeri Nomor 100115 Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1423100054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kurangnya motivasi belajar dan keterampilan salat siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III SD Negeri Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan keterampilan salat siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III SD Negeri Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 1 kali pertemuan dalam 1 siklus. Adapun penelitian tindakan kelas ini tiap siklus terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas III SD sebanyak 26 orang siswa. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah metode modelling pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi salat fardhu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar dan keterampilan salat siswa dengan menggunakan lembar observasi, angket respon dan tes tindakan. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi belajar siswa pada pratindakan dengan rata-rata 36.04 % termasuk dalam kategori rendah, kemudian pada siklus I rata-rata 54% masuk dalam ketegori sedang, dan pada siklus II semakin meningkat dan masuk dalam kategori tinggi yaitu dengan rata-rata 77.6%, sedangkan keterampilan salat siswa pada pratindakan terdapat 11.53% atau 3 siswa yang tuntas dalam praktek salat dengan nilai rata-rata 54.7, pada siklus I terdapat 38.46% atau 10 siswa dengan rata-rata 74.11 dan pada siklus II 84.61 % atau 22 siswa yang tuntas dengan rata-rata 83.15 dalam melakukan praktek salat melalui metode modelling. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan bahwa metode modelling dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan salat siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III SD Negeri Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Metode Modelling; Motivasi Belajar dan Keterampilan Salat Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 30 May 2020 09:23
Last Modified: 30 May 2020 10:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item