Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2 MTs.S NU Paringgonan Kec. Ulu Barumun Kab. Padang Lawas

Hasibuan, Wildan Saleh (2018) Pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2 MTs.S NU Paringgonan Kec. Ulu Barumun Kab. Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14.202.00123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang bingung dan kurang memahami cara mengoperasikan bilangan bulat dalam bentuk positif dengan positif, positif dengan negatif, negatif dengan positif, dan negatif dengan negatif. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2, bagaimana sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2, serta bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2, untuk mengetahui sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2 MTs.S NU Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang di maksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain-lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1)Pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2 bahwa guru matematika di kelas VII-2 menjelaskan operasi bilangan bulat dengan melakukan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2)Sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran operasi bilangan bulat di kelas VII-2 kurang baik, seperti banyak siswa yang kurang memperhatikan dan menghargai guru saat proses pembelajaran. (3)Hasil belajar siswa mencapai nilai 50 – 80 yaitu 30 siswa yang tidak tuntas atau 88% dan 4 siswa yang tuntas atau 12% dengan hasil nilai rata-ratanya adalah 60, yaitu kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran; Operasi; Bilangan Bulat;
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Yusri Fahmi
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:35
Last Modified: 28 Jan 2022 08:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item View Item