Maimunah, Maimunah (2016) Penerapan pembelajaran siswa aktif melalui strategi Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadis kelas VIII C MTsS Al-Ansor Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1423100047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadis kelas VIII C MTsS Al-Ansor Padangsidimpuan. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas dan memperbaiki proses pembelajaran, sedangkan tujuan khusus adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadis. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat langsung bagi madrasah yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran bidang studi Al-Qur’an Hadis, di samping juga bermanfaat bagi guru, siswa dan peneliti lainnya. Dengan melakukan penelitian tindakan kelas ini, baik guru maupun peneliti memperoleh pengalaman dalam melakukan penelitian dan meningkatkan kualitas pengajaran, sedangkan siswa memperoleh pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri 2 kali pertemuan dalam 1 siklus, sehingga berjumlah 4 kali pertemuan di kelas. Adapun penelitian tindakan kelas ini tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas VIII C sebanyak 25 orang siswa yang terdiri dari siswa laki-laki. Strategi pemecahan masalah yang digunakan adalah menerapkan strategi Student Teams Achievement Division (STAD) pada bidang studi Al-Qur’an Hadis materi ku raih ketenangan hidup dengan menghindari sifat tamak (Qs. Al-Humazah dan At-Takatsur). Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh hasil aktivitas belajar siswa dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, sementara untuk melihat respon siswa dalam penerapan strategi Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan angket respon siswa. Sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar siswa digunakan instrumen tes dalam bentuk essay tes. Pelaksanaan penelitian secara kolaboratif dengan melibatkan guru bidang studi Al-Qur’an Hadis, sekaligus sebagai observer yaitu bertindak untuk mengamati seluruh aktivitas belajar siswa sesuai indikator yang ditetapkan selama pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadis. Hasil ini dapat dilihat dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa disetiap tindakan siklus. Dibuktikan dengan data sebelum dilakukan sebuah tindakan (pra siklus) hanya 4 dari 10 indikator aktivitas belajar siswa saja yang tampak selama proses pembelajaran. Namun, setelah dilakukan tindakan aktivitas (siklus I pertemuan 1) meningkat menjadi 7 dari 10 indikator aktivitas belajar siswa yang tampak selama proses pembelajaran. Hingga akhirnya, pada siklus I pertemuan 2 dan siklus II pertemuan 1 dan 2 keseluruhan indikator aktivitas belajar siswa tampak selama proses pembelajaran di kelas. Begitu juga halnya, peningkatan hasil belajar siswa baik secara individual maupun kelompok (klasikal). Sebelum melakukan tindakan (pra siklus) nilai rata-rata kelas siswa sebesar 64,8 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 20 % (5 orang siswa tuntas) dan pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,4 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 30 % (9 orang siswa tuntas) dan pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78 dengan persentase ketuntasan klasikal 60 % (15 orang siswa tuntas), sedangkan pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas meningkat 81,6 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 80 % (20 orang siswa tuntas) dan pada siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 89,6 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 88 % (22 orang siswa tuntas). Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan bahwa penerapan pembelajaran siswa aktif melalui strategi Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C bidang studi Al-Qur’an Hadis MTsS Al-Ansor Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran siswa aktif; Strategi STAD; Aktivitas dan hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 08:46 |
Last Modified: | 30 May 2020 10:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1799 |
Actions (login required)
View Item |