Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran active learning dengan metode diskusi terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Dasopang, Helmi Rostiana (2016) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran active learning dengan metode diskusi terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1423100044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari beberapa teori yang dikaji bahwa strategi active learning dengan metode diskusi memberikan pengaruh yang besar pada peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Akan tetapi, kenyataannya masih banyak peserta didik yang kurang termotivasi dalam belajar agama Islam khususnya pelajaran akhlak, padahal guru sudah berusaha meningkatkan motivasi anak didiknya dengan menerapkan metode diskusi. Kurangnya motivasi siswa ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh juga dibawah standar, sementara pelajaran agama Islam termasuk pelajaran yang mudah untuk dipelajari dibanding pelajaran lainnya. Motivasi yang kurang bisa dilihat dari kurangnya antusiasme belajar siswa. Sedangkan hasil belajar pendidikan agama Islam dibawah standar terbukti masih ada saja siswa yang remedial pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk itulah penelitian ini bertujuan mengetahui signifikansi pengaruh penerapan strategi active learning dengan metode diskusi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X yang beragama Islam berjumlah 262 orang. Sampel yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik cluster sampling. Kelas yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas X^9serta gabungan antara〖 X〗^7dan X^8. Kelas X^9 sebagai kelas eksperimen dan kelas gabungan X^7dan X^8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data tentang motivasi belajar adalah angket sebanyak 30 item. Sedangkan instrumen pengumpul data tentang hasil belajar adalah tes sebanyak 35 item. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial, seterusnya untuk menguji signifikansi pengaruh penerapan strategi active learning dengan metode diskusi terhadap motivasi dan hasil belajar diuji dengan menggunakan rumus uji t. Hasil perolehan uji t menggambarkan pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran active learning dengan metode diskusi terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam, karena X^(2_hitung )=7,9382 >〖 t〗_tabel = 1,75. Selanjutnya hasil uji t juga menggambarkan pengaruh signifikan penerapan strategi active learning dengan metode diskusi terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, kerena X^(2_hitung )=20,32 >〖 t〗_tabel = 1,75.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Active learning; metode diskusi; PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 30 May 2020 08:29
Last Modified: 30 May 2020 08:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item