Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pengembangan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Kabupaten Mandailing Natal

Nasution, Zakiah (2015) Implementasi pengembangan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1323100035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Teori pembelajaran kecerdasan majemuk tergolong masih baru di kabupaten Mandailing Natal walaupun sudah ditemukan pada tahun 90-an oleh Howard Gardner. Sekolah-sekolah pada umumnya di Mandailing Natal masih tetap fokus pada pengembangan tiga kecerdasan yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik. Berangkat dari kerangka tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Perencanaan guru PAI dalam implementasi kecerdasan majemuk pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan guru PAI dalam implementasi pengembangan kecerdasan Evaluasi yang digunakan guru PAI dalam implementasi pengembangan kecerdasan majemuk pada pembelajaran PAI dan Faktor-faktor yang dihadapi guru PAI dalam implementasi pengembangan kecerdasan majemuk pada pembelajaran PAI di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan bagaimana Implementasi kecerdasan majemuk dan implikasinya terhadap prestasi belajar siswa di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Adapun yang menjadi unit analisisnya adalah kegiatan pembelajaran PAI berbasis kecerdasan majemuk yang terjadi di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan guru PAI terhadap implementasi pengembangan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Mandailing Natal dimulai sejak siswa masuk mendaftar dan perancangan kurikulum, 2) Metode yang diterapkan guru PAI dalam implementasi pengembangan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Mandailing Natal dengan teori Linguistik, Logis-Matematis Visual-Spasial, Kinestetik, Interpersonal, Musikal dan Naturalis. 3) Evaluasi guru PAI terhadap implementasi pengembangan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Mandailing Natal diadakan dengan sistem penilaian observasi, penilaian siswa, penilaian kelompok dan penilaian guru. 4) Faktor-faktor yang dihadapi guru PAI dalam implementasi pengembangan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI di SMA IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Mandailing Natal adalah Guru kurang sabar dengan proses yang diadakan SMA IT Al-Husnayain dalam pembelajaran, Guru kurang bisa mewakili semua kecerdasan dan Belum terbiasanya guru mengajar dengan teori kecerdasan jamak.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Prof. Dr. Al Rasyidin, M.Ag. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Kecerdasan majemuk; PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 29 May 2020 13:25
Last Modified: 08 Nov 2021 01:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item