Siregar, Siti Maszuriah (2016) Pola interaksi guru dengan siswa di RA Al-Hidayah Tamiang Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0123.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah sebahagian siswa takut sama gurunya, sebahagian siswa bermain ketika guru menjelaskan, bagaimanakah pola interaksi guru dengan siswa di RA Al-Hidayah Tamiang, apa saja kendala pola interaksi guru dengan siswa, tujuan untuk mengetahui pola interaksi guru dengan siswa di RA Al-Hidayah tamiang, untuk mengetahui kendala pola interaksi guru dengan siswa, kegunaan penelitian untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Ruang lingkup teori-teori keilmuan yang digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini ialah tentang pola interaksi guru dengan siswa di RA Al-Hidayah tamiang, syarat-syarat terjadinya interaksi, ciri-ciri interaksi edukatif, pola-pola interaksi, tugas guru dan siswa, kewajiban guru dan siswa serta RA (Raudhatul Athfal). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dan studi kasus dengan tujuan mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Pemahaman tersebut akan diperoleh setelah dilakukan analisis terhadap kenyataan yang menjadi fokus penelitian. tempat dan waktu penelitian, informan penelitian, instrument pengumpulan data, teknik menjamin keabsahan data, dan teknik analisis data, Adapun responden dalam penelitian ini adalah Kepala RA, guru serta siswa RA Al_ Hidayah Tamiang Hasil penelitian yang dilakukan di RA Al-Hidayah tamiang ialah pola interaksi guru dengan siswa saat belajar mengajar tergolong baik hal ini dibuktikan dengan interaksi yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar menggunakan tiga pola interaksi yaitu pola interaksi satu arah, dua arah dan tiga arah. Pola interaksi satu arah ialah dalam pola ini guru berperan sebagai pemberi aksi dan anak didik sebagai penerima aksi, guru aktif dan anak didik pasif. Pola interaksi dua arah dalam pola ini guru berperan sebagai pemberi aksi dan penerima aksi, demikian juga dengan anak didik, bisa sebagai penerima aksi dan pemberi aksi. Pola interaksi tiga arah ada hubungan timbal balik antara guru dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan siswa dalam proses belajar mengajar. Kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pola interaksi guru dengan siswa di RA Al-Hidayah Tamiang Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas adalah siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar, siswa kurang percaya diri dalam proses belajar mengajar, masih ada siswa yang tidak mendengarkan pelajaran dan bermain-main dibangkunya, dan sebahagian ada yang diam karna takut juga, perhatian siswa terhadap bahan pelajaran masih lemah serta kurangnya media pembelajaran, perbedaan inteligensi siswa, siswa susah bersosialisasi dan lemahnya motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Interaksi Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 29 May 2020 07:13 |
Last Modified: | 29 May 2020 07:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1785 |
Actions (login required)
View Item |