Siregar, Nur Kholilah (2016) Identifikasi kesalahan siswa dalam menjawab soal pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII-3 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa sering mengalami kesalahan dalam menjawab soal matematika materi persamaan garis lurus dan kemampuan siswa dalam menyelesaiakan soal pelajaran matematika khususnya pokok bahasan persamaan garis lurus masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar matematika dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa belum mencapai standar KKM. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menjawab soal pokok bahasan persamaan garis lurus dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menjawab soal pokok bahasan persamaan garis lurus di kelas VIII-3 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan yang berjumlah 28 siswa diantaranya 16 siswa dan 12 siswi. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis kualitatif deskriptif yaitu menganallisa dan menyajikan fakta secara sistematis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaaan garis lurus ialah siswa tidak ingat defenisi persamaan garis lurus, siswa tidak menyelesaikan soal yang diberikan, siswa tidak memahami soal diberikan, siswa salah dalam melakukan operasi hitung, siswa tidak mengerjakan soal yang diberikan, siswa salah dalam menggunakan rumus, salah dalam mensubstitusikan nilai variabel ke salah satu persamaan, siswa tidak mampu menentukan nilai x dan y dari persamaan ditentukan, dan tidak mampu melakukan prosedur untuk menggambarkan suatu garis. Kemudian faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaaan garis lurus yaitu siswa kurang teliti dalam membaca soal, siswa tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, siswa tidak bisa memberi penjelasan tentang persmaan garis lurus, siswa tidak paham maksud dari soal yang telah diberikan sehingga tidak tahu bagimana menjawab soal tersebut, siswa lupa bagaimana cara melakukan operasi pada perhitungan, dan siswa masih kurang paham bagaimana menentukan titik koordinat dari suatu persamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.ag dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si.,M.Pd |
Keywords: | Identifikasi; Kesalahan; Soal Matematika; Persamaan Garis Lurus |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 02:37 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 02:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1781 |
Actions (login required)
View Item |