Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas program pembinaan shalat melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler di Pesantren Darul Falah Langga Payung Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Simamora, Khoirun Nur (2016) Efektivitas program pembinaan shalat melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler di Pesantren Darul Falah Langga Payung Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah kurangnya minat siswa untuk melaksanakan shalat berjamaah baik dari siswa yang berulang maupun dari siswa yang berasrama, sehingga kepala sekolah Pembina asramadan guru-guru yang mengajar di pesantren sepakat membuat program pembinaan shalat melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler di Pesantren Darul Falah dan membuat peraturan yang semakin ketat bagisiswa untuk semakin aktif dan terbiasa ikut melaksanakan shalat berjama’ah. Adapun rumusan masalah dalam penilitian ini ialah bagaimana pelaksanaan program pembinaan shalat melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler di Pesantren Darul Falah dan apakah cukup efektif program pembinaan shalat melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler di Pesantren Darul Falah. Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan diatas, maka yang menjadi tujuan peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pembinaan shalat melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler di Pesantren Darul Falah, selanjutnya untuk mengetahui apakah sudah cukup efektif program pembinaan shalat melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler di Pesantren Darul Falah Langga Payung, dalam menumbuhkan kebiasaan shalat pada siswa. Penelitian Kualitatif, metode peneliti yang digunakan adalah metode deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan cara naratif menggunakan logika berpikir ilmiah. Setelah penelitian ini dilakukan terhadap sumber data dari siswa dan guru maka diperoleh hasil bahwa, pertama pelaksanaan program pembinaan shalat melalui kegiatan kurikuler di laksanakan dengan menetapkan jadwal shalat Zuhur pada pukul 12.30 mata pelajaran ke 7. Sementara untuk kegiatan ekstra kurikuler diberikan pada siswa yang berasrama dengan kegiatan shalat wajib, shalat jum’at, shalat sunnah, dan shalat fardu khifayah. Sudah terlihat siswa yang aktif dan berminat adanya program pembinaan shalat di Pesantren Darul Falah meskipun belum semua siswa yang termotivasi ikut melaksanakan shalat di mesjid. Kedua pelaksanaan program ini cukup efektif, 73 % siswa dalam kegiatan kurikuler mulai terbiasa melaksanakan shalat Zuhur berjam’ah tanpa harus di giring, mereka langsung menuju mesjid untuk shalat.74% siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler juga sudah mulai terbiasa ikut melaksanakan shalat berjama’ah di mesjid tanpa harus di pantau dan diawasi, Hal ini karena seluruh komponen baik guru, siswa, pegawai, sarana dan prasarana serta lingkungan sangat mendukung terhadap kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Shalat; pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 May 2020 08:22
Last Modified: 29 May 2020 08:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item