Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan kemandirian shalat pada siswa tunagrahita di sekolah dasar luar biasa Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Nurjannah, Nurjannah (2019) Upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan kemandirian shalat pada siswa tunagrahita di sekolah dasar luar biasa Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00181.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki keterbatasan secara mental atau dapat dikatakan sebagai anak yang mempunyai kelemahan dari segi berpikir. Tetapi walaupun demikian bukan berarti anak tunagrahita tidak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan khususnya dalam hal Pendidikan Agama Islam yang akan membentuk mereka ke dalam kemandirian shalat yang senantiasa taat dan patuh untuk beribadah. Maka dari sinilah peneliti mengambil judul Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kemandirian Shalat pada Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kemandirian shalat pada anak tunagrahita di SDLB Negeri 1 Sungai Aur dan faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kemandirian shalat pada Siswa tunagrahita di SDLB Negeri 1 Sungai Aur. Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitataif, yaitu penelitian yang dilakukan berorientasi pada fenomena-fenomena yang diamati dan diolah menggunakan logika ilmiah, dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi di SDLB Negeri 1 Sungai Aur kabupaten Pasaman Barat. Hasil dari penelitan di atas dapat diperoleh bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kemandirian shalat pada Siswa tunagrahita di sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Sungai Aur berjalan dengan baik. Sesuai dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dan upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam adalah memberikan bimbingan manfaat dari shalat, mengajari peserta didik tentang tata cara dan bacaan shalat, pembelajaran secara individual, memberikan waktu yang cukup, memahami bahasa peserta didik dan memberikan penilaian. Adapun faktor penghambat ketunaan atau keterbelakangan peserta didik, kurangnya minat dalam belajar dan kurangnya dukungan dari orangtua dan faktor pendukung dengan mengupayakan sarana yang ada, adanya dukungan dari kawan sejawat dan disediakan tempat atau alat untuk praktek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Anak tunagrahita; Guru PAI; Kemandirian shalat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 01 Jun 2020 23:43
Last Modified: 01 Jun 2020 23:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item