Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SD Mosa Julu Kecamatan Angkola Selatan

Harahap, Rosmita (2019) Peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SD Mosa Julu Kecamatan Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00192.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SD Mosa Julu. Rumusan masalahnya, bagaimana kecerdasan emosional siswa di SD Mosa Julu? bagaimana kecerdasan spiritual siswa di SD Mosa Julu? apa saja peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SD Mosa Julu? apa saja Faktor pendukung dan penghambat Guru Agama dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di SD Mosa Julu? Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa di SD Mosa Julu, mendeskripsikan kecerdasan spiritual siswa di SD Mosa Julu, mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SD Mosa Julu, mendeskripsikan Faktor pendukung dan penghambat Guru Agama dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di SD Mosa. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan, sehubungan dengan itu pendekatan yang digunakan adalah teori2 yang berkaitan dengan pengertian peran guru PAI, macam2 peran guru PAI, pengertian kecerdasan, urgensi kecerdasan, prinsip2 pencerdasan, sebab2 yang membuat seseorang dapat terhambat secara spiritual, jalan menuju spiritual yang lebih tinggi, faktor pendukung dan penghambat perkembangan kecerdasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah Deskriptif Analisis dan lokasi penelitiannya di SD Mosa Julu Kecamatan Angkola Selatan. Sedangkan sumber datanya adalah data primer dan sekunder. prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini, bahwa kecerdasan emosional dan spiritual siswa rendah. Peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa adalah membimbing, melatih, contoh, motivator, mendidik, mengajar, mengelola kelas, dan membimbing bacaan surat2 pendek. Adapun faktor pendukung guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SD Mosa Julu Kecamatan Angkola Selatan yaitu: guru, siswa, keluarga, fasilitas, keperibadian, hubungan dengan masyarakat, faktor penghambatnya yaitu: individu, ekonemi, lingkungan, informasi dan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran guru agama; Kecerdasan emosional dan spiritial siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 01 Jun 2020 23:49
Last Modified: 01 Jun 2020 23:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item