Siagian, Nurhasanah (2016) Peran dosen dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa PAI-1 T.A. 2013/2014 melalui metode diskusi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran dosen dan mahasiswa pada hakikatnya harus sama-sama berperan agar suatu pembelajaran tersebut berhasil untuk menuju tujuan yang telah ditentukan. Namun di PAI-1 T.A. 2013/2014 IAIN Padangsidimpuan, peran dosen dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa di PAI-1 masih perlu untuk ditingkatkan lagi melihat kondisi belajar di era modren ini, hal ini dibuktikan karena masih ada beberapa peran dosen yang belum terlaksana, begitu juga dengan mahasiswa masih banyak yang tidak aktif ketika diskusi sedang berlangsung, seperti main handphone, kurangnya minat belajar, tidak memiliki keberanian untuk berpartisipasi dalam diskusi dan juga karena tipisnya daya saing diantara .mahasiswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran keaktifan mahasiswa PAI-1 melalui metode diskusi di IAIN Padangsidimpuan? (2) Bagaimanakah peran dosen dalam menigkatkan keaktifan mahasiswa PAI-1 melalui metode diskusi di IAIN Padangsidimpuan? Dan (3) Apakah hambatan yang ditemukan dosen dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa PAI-1 melalui metode diskusi? Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui gambaran keaktifan mahasiswa PAI-1 T.A. 2013/2014 melalui metode diskusi di IAIN Padangsidimpuan, (2) mengetahui peran dosen dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa melalui metode diskusi dan (3) Untuk mengetahui hambatan yang ditemukan dosen dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa melalui metode diskusi di IAIN Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif menceritakan suatu keadaan untuk mengambil suatu kesimpulan. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan skunder, dan responden dalam penelitian ini yaitu dosen yang mengajar di PAI-1 T.A. 2013/2014 yang menggunakan metode diskusi, serta mahasiswanya, buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Instrumen pengumpulan data penelitian ini wawancara, observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peran dosen masih perlu untuk ditingkatkan lagi melihat kondisi belajar di era modren, karena masih ada beberapa peran yang belum terlaksana, seperti peran sebagai konselor, inspirator, fasilitator dan mediator. Kemudian gambaran keaktifan mahasiswa masih perlu ditingkatkan lagi karena masih ada mahasiswa yang pasif ketika diskusi sedang berlangsung, bahkan masih ada yang main handphone ketika diskusi. Adapun hambatan yang ditemukan dosen dalam meningkatkan keaktifan yaitu, kurang konsistennya mahasiswa dalam melaksanakan kontrak kuliah yang telah disepakati, kurangnya motivasi mahasiswa, daya saing yang rendah dan kurangnya keberanian dan minat belajar mahasiswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan mahasiswa; Metode diskusi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 28 May 2020 23:43 |
Last Modified: | 28 May 2020 23:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1762 |
Actions (login required)
View Item |