Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pembina asrama dalam meningkatkan akhlak siswa di pondok pesantren Baiturrahman Kec. Batang Onang

Harahap, Serti (2016) Upaya guru pembina asrama dalam meningkatkan akhlak siswa di pondok pesantren Baiturrahman Kec. Batang Onang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebahagian siswa di asrama kurang mempunyai akhlak, dan sebahagian siswa mempunyai perilaku yang kurang mencerminkan sebagai santri yang terdidik, bangaimana upaya guru pembina asrama dalam meningkatkan akhlak siswa, metode apa yang digunakan guru pembina asrama, kendala apa saja yang dialami guru pembina asrama dalam meningkatkan akhlak siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan akhlak siswa, untuk mengetahui metode apa yang digunakan guru asrama, untuk mengetahui kendala yang dialami guru pembina asrama dalam meningkatkan akhlak siswa, kengunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan akhlak siswa. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan upaya guru pembina asrama dalam meningkatkan akhlak siswa, sehubungan dengan itu pembahasan ini meliputi pengertia guru, pengertian akhlak, pengertian siswa, serta yang berkaitan dengan guru, akhlak dan siswa tersebut. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan riset lapangan yang diajukan dengan metode diskriptif, tidak menggunakan angka-angka yang dilakukan mempunyai secara menggambarkan yang di teliti dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Baiturrahman Kec. Batang Onang, upaya yang dilakukan guru pembina asrama dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu, mengajari siswa beraklak baik, menganjurkan, memotivasi, mengontrol, menilai, memberikan hadiah, dan metode yang digunakan yaitu, metode keteladan, kedisiplinan, ceramah, bercerita dan perintah dan larangan. Kendala-kendala yang dialami guru asrama dalam meningkatkan akhlak siswa di Pondok Pesantren Baiturrahman Kec. Batang Onang yaitu, kebiasaan siswa, pemikiran siswa, kurangnya kerja sama dan motivasi dari orangtua, dan teknologi semakin cangggih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Upaya guru; Meningkatkan akhlak siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 28 May 2020 23:52
Last Modified: 28 May 2020 23:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item