Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam al-Ghazali

Munthe, Alimuddin (2016) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam al-Ghazali. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Nilai-Nilai Pendidikan Yang Terdapat Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin Karya Imam al-Ghazali. Namun dalam hal ini peneliti hanya meneliti pada bab bagian bahaya lidah, untuk iturumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keutamaan menjaga lidah dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin karya imam al-Ghazali?, Apa sajanilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kitab Ihya’ Ulumuddin karya imam al-Ghazali? Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), penelitian ini dilakukan dengan menggali informasi-informasi penting terkait penelitian dengan membaca dan menganalisis hadis-hadis dan ayat-ayat yang berhubungan dengan bahaya lidah serta menelaah bahan-bahan pustaka seperti buku-buku sumber data primer dan sekunder, kemudian data tersebut dianalisis dandihubungkan kepada nilai- nilai pendidikan dengan menggunakan metode analisisisi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa menjaga lidah itu meliputi tiga asfek penting dalam nilai pendidikan Islam yaitu; nilai pendidikan tauhid, ibadah dan akhlak. Dalam mengkaji bahaya lidah dalam kitab Ihya’ Ulumuddin, maka yang termasuk kedalam nilai pendidikan tauhid di dalamnya adalah; (1)Tidak suka melaknat orang lain. (2) Tidak menyanjung orang lain secara berlebihan. (3) Berbicara dengan cermat tidak asal berbunyi, sehingga dapat mengandung syirik.(4) Tidak melibatkan diri secara bodoh pada beberapa pertanyaan yang sulit. Sedangkan nilai pendidikan ibadahnyas eperti; (1) Tidak berkata yang tidak perlu, hanya mengatakan seperlunya saja. (2) Tidak berlebihan ketika berbicara. (3) Tidak melibatkan diri pada pembicaraan yang batil. (4)Tidak berjanji dusta. (5) Tidak dusta dalam perkataan. (6) Tidak menggunjing orang lain. Adapun nilai pendidikan akhlak adalah; (1) Tidak melakukan perbantahan dan perdebatan yang tidak sesuai dengan Islam. (2) Tidak mengajak bertengkar dan juga tidak saling bertengkar sesama bersaudara. (3) Tidak memperindah kata-kata yang tidak berguna. (4) Tidak suka berkata keji, kotor dan caci maki orang lain. (5) Bernyanyi dan syair dengan cara yang mengandung hikmah didalamnya. (6) Tidak benyak dalam bersenda gurau. (7) Tidak mengejek dan menertawakan orang lain.(8) Tidak suka menyebarkan rahasia orang lain. (9) Tidak suka mengadu domba orang lain. (10) Tidak berkata dengan berlidah dua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan; Kitab Ihya’ Ulumuddin Karya Imam al-Ghazali
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 28 May 2020 05:50
Last Modified: 02 Jun 2020 07:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item View Item