Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika guru pendidikan agama islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai ajaran islam di SDN Pagaran Batu, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

Hsb, Purnama Sari (2016) Problematika guru pendidikan agama islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai ajaran islam di SDN Pagaran Batu, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0211.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini berawal dari kurangnya kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam terhadap peserta didik. Hal ini dilihat dari kurangnya sarana dan prasarana dalam melaksanakan proses pembelajaran. Oleh sebab itu guru Pendidikan Agama Islam menghadapi beberapa problem dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah problematika apa saja yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam terhadap peserta didik, serta faktor apa saja yang melatarbelakagi problematika guru Pendidikan Agama Islam dan apa solusi guru untuk mengatasi kendala-kendala penanaman nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problem-problem yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam (akhlak) kepada peserta didik, dan menemukan faktor yang melatarbelakagi problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam(akhlak) kepada peserta didik, serta untuk mengetahui solusi guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian tentang problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam proses internalisasi nilai-Nilai ajaran Islam terhadap peserta didik ada tiga kategori yaitu (1) Problem sarana dan prasarana(2) Problem yang muncul dari diri guru pendidikan Agama Islam(3) problem yang muncul dari diri peserta didik, dan faktor yang melatarbelakangi terjadinya problematika ada dua yaitu faktor internal meliputi kurangnya minat dan motivasi belajar siswa dan siswa tidak konsentrasi dalam belajar, kedua faktor eksternal meliputi kurangnya kerja sama antara orangtua dan pihak guru, kurangnya pengkondisian lingkungan. Dan solusi untuk mengatasi kendala guru pendidikan agama Islam adalah menambah buku-buku diperpustakaan, memberikan kesempaatan kepada guru pendidikan agama Islam untuk mengikuti seminar-seminar untuk menambah wawasan guru dan ilmu pengetahuan siswa, menganjurkan kepada guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan motivasi dan minat mengajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag dan Hj. Nahriyah Fata S. Ag, M. P
Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Menanamkan Nilai-Nilai Ajaran Islam Terhadap Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 29 May 2020 01:50
Last Modified: 30 Aug 2021 08:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item