Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pembelajaran akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Sittong (2016) Strategi pembelajaran akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya fenomena akhlak siswa/i yang kurang baik. Artinya masih ada siswa yang masih dibawah standar visi dan misi tersebut, khususnya akhlak siswa mengeluarkan kata-kata yang kurang sopan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa materi akhlak di MTs Darul Ulum pijorkoling? (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling? (3) Apa kendala guru dalam menerapkan strategi pembelajaran akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling? (4) Apa solusi guru dalam menerapkan strategi pemelajaran akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling? adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui materi akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling (2) Untuk mengetahui strategi pembelajaran akhlak di MTs Darul Ulum Pojorkolin (3) Untuk mengetahui kendala guru dalam menerapkan strategi pembelajaran akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling? (4) Untuk mengetahui apa solusi guru dalam menerapkan strategi pemelajaran akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling. Dalam Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif yakni menggambarkan objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adapun materi akhlak di MTs darul Ulum Pijorkoling. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri. Menghindari akhlak tercela dari diri sendiri. Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama. Menghindari akhlak tercela kepada sesama. (2) Kondisi Strategi pembelajaran akhlak di MTs Darul Ulum Pijorkoling pada umumnya sudah baik. Namun strategi pembelajaran akhlak guru dalam kelas terlalu fokus dalam penguasaan materi, artinya lebih fokus ke kognitif sedangkan apektif dan psikomotorik dikatakan sangat lemah, sehingga membuat akhlak siswa/i kurang baik. (3) Yang menjadi kendala dalam strategi pembelajaran akhlak siswa ada yang berasal dari dalam sekolah (internal) dan ada juga yang berasal dari luar sekolah (eksternal) yaitu : faktor dari dalam kurangnya alokasi waktu yang disediakan, selanjutnya faktor luar orang tua sangat menyayangkan apabila dirumah orang tua tidak ada usaha untuk mengontrol anaknya. (4) solusi guru dalam strategi pembelajaran akhlak yaitu dengan keteladanan, sarana dan prasarana, mushola di sekolah ini sangat mendukung dalam upaya yang dilakukan guru, mushola ini sebagai tempat melaksanakan praktik ibadah, ekstrakurikuler, keagamaan seperti sholat dhukha bersama, pembelajaran tartil, pembacaan sholawat, dan sholat 5 waktu secara berjama’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan Islam; pembelajaran; akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 May 2020 02:57
Last Modified: 28 May 2020 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item