Hasibuan, Liska Yanti (2019) Penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar sejarah kebudayaan islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kegiatan belajar mengajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Padangsidimpuan yang terlalu monoton. Dokumen RPP menunjukkan guru selalu mencantumkan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar, sehingga memberi dampak kepada hasil belajar siswa. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Strategi pembelajaran crossword puzzle menjadi strategi pembelajaran yang peneliti pilih untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan dan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dengan jumlah 35 orang. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Pada aspek aktivitas belajar terjadi peningkatan dari siklus I 33,32%, siklus II 49,04%, dan siklus III 63,80%. Sedangkan pada aspek hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62,14%, siklus II 80,95%, dan siklus III 95,89%. Dengan demikian terjadi peningkatan pada aspek aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi pembelajaran Crossword Puzzle; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Sejarah kebudayaan islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 27 May 2020 23:43 |
Last Modified: | 27 May 2020 23:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1736 |
Actions (login required)
View Item |