Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode kisah dengan media audiovisual dalam peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan

Lubis, Siti Aminah (2019) Penerapan metode kisah dengan media audiovisual dalam peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kegiatan belajar mengajar sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Padangsidimpun yang cenderung pasif. Dokumen RPP guru selalu menggunakan metode ceramah dan kurangnya dalam penggunaan media yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Sejarah kebudayaan Islam. Permasalahan yang sering terjadi dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ialah rendahnya hasil belajar siswa. Maka muncullah permasalahan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang rendah di MAN 1 Padangsidimpuan. Untuk itu peneliti memberikan solusi dalam penerapan metode kisah dengan media audiovisual dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan metode kisah dengan media audiovisual ini diharapkan agar hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode kisah dengan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 di MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 siswa di kelas X MIA 1 di MAN 1 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa: hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkat melalui penerapan metode kisah dengan media audiovisual. Peningkatan ini dapat dilihat dari tes yang diberikan peneliti. Rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus sebagai berikut: siklus I adalah 68,15, siklus II 72,105 dan siklus III 76,97. Dilihat dari hasil tindakan siklus I sampai siklus III terdapat peningkatan jumlah nilai rata-rata yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode kisah; Media audiovisual; Hasil belajar; Sejarah Kebudayaan islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 27 May 2020 23:49
Last Modified: 27 May 2020 23:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item