Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan metode permainan kartu kata bergambar dalam peningkatan minat belajar akidah akhlak siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan

Rambe, Nikmah Nur (2019) Penggunaan metode permainan kartu kata bergambar dalam peningkatan minat belajar akidah akhlak siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi Akidah Akhlak bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung masih terdapat siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, berbicara dengan teman yang berada di kelompok lain, ketika kerja kelompok yang bekerja hanya satu atau dua orang saja. Hal tersebut terjadi karena guru dominan menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Hal ini menyebabkan minat belajar Akidah Akhlak siswa kelas X di MAN 1 Padangsidimpuan rendah. Untuk itu peneliti memberikan solusi dengan menggunakan metode permainan kartu kata bergambar dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar Akidah Akhlak siswa kelas X MIA 1 dapat meningkat dengan menggunakan metode permainan kartu kata bergambar. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil angket dan observasi. Hasil tindakan yang menggunakan angket pada siklus I dengan nilai rata-rata 97,31, siklus II 104,86, dan siklus III 113,65. Sedangkan hasil tindakan yang menggunakan observasi pada siklus I 86,83%, siklus II 91,44%, dan siklus III 95,39%. Dilihat dari hasil tindakan siklus I sampai dengan siklus III terdapat peningkatan jumlah nilai yang menunjukkan adanya peningkatan minat belajar Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode permainan kartu kata bergambar; Minat belajar, dan akidah akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 27 May 2020 23:55
Last Modified: 27 May 2020 23:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item