Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai Pendidikan Multikultural fase Nabi Muhammad Saw

Partahian, Partahian (2015) Nilai-nilai Pendidikan Multikultural fase Nabi Muhammad Saw. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1323100032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan upaya untuk meredam gejolak perbedaan antarumat manusia. Maka menjadi penting untuk mengeksplorasi realitas multikultural pada fase Nabi Muhammad Saw untuk dijadikan sebagai acuan dalam mensikapi realitas multikultural dimasa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Piagam Madinah dan Khut}bah al-Wada>‘, 2) Realitas Keberagaman Multikultural Fase Nabi Muhammad Saw, dan 3) Upaya Nabi Muhammad Saw Mengajarkan Pendidikan Multikultural. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis, sosiologis dan normatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik literer. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural fase Nabi Muhammad Saw adalah: 1) Nilai pendidikan multikultural dalam piagam madinah dan khut}bah al-wada>’ adalah nilai demokrasi, kemanusiaan, keragaman, keadilan dan kesetaraan. 2) Realitas keberagaman multikultural fase Nabi Muhammad Saw adalah keberagaman bangsa, agama, ras dan keturunan. 3) Upaya Nabi Muhammad Saw mengajarkan pendidikan multikultural adalah dengan menanamkan hakikat manusia sebagai sifat dasar, akselerasi informasi dan komunikasi, membangun pusat pertukaran budaya, menyamakan persepsi dan membuat kesepakatan, dialog dan bersikap adil.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Pendidikan multikultural; Piagam madinah; Khuthbatul wada
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 27 May 2020 19:03
Last Modified: 27 May 2020 19:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item