Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam: telaah kompetensi dasar al-Qur’an Hadis madrasah aliyah pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 tahun 2013 tentang Kurikulum 2013

Siregar, Mara Tinggi (2015) Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam: telaah kompetensi dasar al-Qur’an Hadis madrasah aliyah pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 tahun 2013 tentang Kurikulum 2013. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1323100026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu mengenai Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Islam (Telaah Kompetensi Dasar Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013) dan Urgensi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dengan melihat keberagaman yang ada di Madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan metode deskritif analisis yang datanya diperoleh melalui penelitian literer. Penelitian literer sumber datanya adalah materi Kompetensi Dasar Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013, serta buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan. Di samping itu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan silang (cross-sectional). Untuk mengolah data penulis menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan diambil dari analisis data berupa temuan karakteristik nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam yang dilakukan secara sistematis dan obyektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam materi Kompetensi Dasar Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013, terkandung nilai-nilai pendidikan multikultural, yaitu Nilai Demokrasi, Nilai Humanisme atau Kemanusiaan (humanisme), Nilai Pluralisme, Nilai Keadilan (al-‘Adalah), Nilai Kesamaan (as-Sawiyah), Nilai Kebebasan atau kemerdekaan (al-Hurriyah), Nilai Toleransi (Tasaamuh), Nilai Silaturrahim. Pendidikan multikultural sangat urgen untuk dikembangkan di Indonesia (madrasah). Pendidikan Multikultural akan menguatkan akar budaya dan memfungsikan siswa untuk kehidupan stabil.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Pendidikan multikultural; Pendidikan Islam; SK Dirjen Pendis Nomor 2676 tahun 2013 tentang kurikulum 2013
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 27 May 2020 18:49
Last Modified: 27 May 2020 18:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item