Siregar, Hamna Sari (2015) Persepsi guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri se-Kabupaten Padang Lawas tentang Pendidikan Multikultural. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1323100009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Bangsa Indonesia adalah negara yang berpegang pada azas Bhinneka Tunggal Ika, artinya bangsa yang mengakui adanya masyarakat yang majemuk dan beragam, baik dari segi etnis, budaya, bahasa, bahkan agama. Hal ini merupakan sunnatullah yang menjadi suatu kenyataan dan kekayaan bagi bangsa ini. Namun disisi lain, kekayaan dan keberagaman tersebut bisa membawa konflik dan perpecahan yang tiada habisnya. Oleh karena itu, perlu disahuti dengan pendidikan multikultural.Dalam hal ini pendidikan agama adalah salah satu pelajaran yang tepat untuk mengajarkan rasa toleransi, saling menghargai dan menghormati antar sesama. Untuk itu muncul suatu keinginan penulis untuk mengetahui persepsi guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri se-Kabupaten Padang Lawas tentang pendidikan multikultural. Sedangkan tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui persepsi guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri se-Kabupaten Padang Lawas tentang pendidikan multikultural. Adapun yang menjadi tujuan khususnya adalah untuk mengetahui: Persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang perbedaan etnis, persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang perbedaan budaya, persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang perbedaan bahasa, persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang perbedaan agama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri se-Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 24 orang. Selanjutnya untuk instrumen penelitian digunakan angket. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa: Rata-rata persepsi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri se-Kabupaten Padang Lawas tentang pendidikan multikultural sangat kuat dengan rincian (91,76 %).Sedangkan, persepsi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri se-Kabupaten Padang Lawas tentang pendidikan multikulturalsecara umum berada pada katagori “sangat kuat” dengan memperoleh angka 93, 17 %, persepsi guru tentang perbedaan etnis berada pada katagori “sangat kuat” dengan memperoleh angka 95,54 %, persepsi guru tentang perbedaan budaya berada pada katagori “sangat kuat” dengan memperoleh angka 93,24 %, persepsi guru tentang perbedaan bahasa berada pada katagori “sangat kuat” dengan memperoleh angka 93, 59 %, persepsi guru tentang perbedaan agama berada pada katagori “sangat kuat” dengan memperoleh angka 83,29 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Guru PAI; Pendidikan Multikultural |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 27 May 2020 16:11 |
Last Modified: | 27 May 2020 16:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1713 |
Actions (login required)
View Item |