Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen kurikulum terpadu di SMP Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan

Pulungan, Abdul Salam (2016) Manajemen kurikulum terpadu di SMP Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1323100001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perencanaan kurikulum terpadu, 2) Untuk mengetahui pengorganisasian kurikulum terpadu, 3) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum terpadu, 4) Untuk mengetahui pengawasan dan Evaluasi kurikulum terpadu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, Adapun sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua bentuk, yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini pimpinan/kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru SMP Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Sedangkan sumber data skunder adalah, dokumen yang mendukung penelitian. Untuk teknik analisis data digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan dalam penjaminan keabsahan data dilakukan ketekunan pengamatan, triangulasi, derajat kepercayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanan kurikulum terpadu memperhatikan visi, misi dan tujuan dari SMP Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip: Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya, beragam dan terpadu. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Relevan dengan kebutuhan kehidupan menyeluruh dan berkesinambungan. 2) Pelaksanaan pengorganisasian kurikulum yang dilaksanakan di SMP Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dengan memperjelas pembagian kurikulum atau mengelompokkan mata pelajaran. Pengorganisasian kurikulum SMP Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dimulai dari pengorganisasian elemen pelaksananya yaitu guru dan elemen lainnya agar dapat melaksanakan fungsi berdasarkan tugas masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan pengorganisasian materi-materi umum dan agama dapat dikemas secara rapi dalam suatu pembelajaran dan kemudian disajikan dalam jenjang-jenjang yang sudah disiapkan. 3) Pelaksanaan kurikulum terpadu, beban belajar satuan pendidikan SMP Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dinyatakan dalam satuan jam pelajaran. Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai standar Kompetensi Lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar tatap muka per minggu di SMP Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan sebagai mana tertuang dalam struktur kurikulum Beban belajar tatap muka perjam pembelajaran berlangsung selama 40 menit. 4) Pengawasan dan evaluasi sudah berjalan dengan baik di SMP Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan ditandai adanya motivasi semua yang ada di sekolah dalam meningkatkan pelayanan pembelajaran di SMP Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Pengawasan yang dilakukan Kepala Sekolah SMP Swasta Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan beserta unsur pinpinan lainnya bertujuan untuk memperlancar semua kegiatan di sekolah termasuk kurikulum terpadu di SMP Swasta Nurul ‘Ilmi dan untuk mengetahui kendala-kendala yang timbul serta permasalahan lainnya lebih cepat dicarikan solusinya. Penilaian yang dilakukan oleh SMP diambil dari segi input (kompetensi yang dimiliki), proses, dan output (penilaian terhadap hasil belajar yang dicapai). Keberhasilan output dibuktikan dengan pemberian ijazah yang dapat digunakan untuk melanjut kejenjang berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Manajemen kurikulum terpadu
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 27 May 2020 15:34
Last Modified: 27 May 2020 15:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item