Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh iklan televisi dan kualitas produk terhadap citra merek Indomie (studi kasus masyarakat Desa Huta Lombang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara)

Lubis, Leoni Putri (2018) Pengaruh iklan televisi dan kualitas produk terhadap citra merek Indomie (studi kasus masyarakat Desa Huta Lombang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh persaingan bisnis dalam bidang konsumsi atau bahan pangan cepat saji yang semakin ketat. Kondisi ini membuat perusahaan-perusahaan dalam bidang yang sejenis melakukan pengembangan produk dengan berbagai cara agar dapat menciptakan citra merek yang kuat dibenak masyarakat luas. Fenomena tersebut berlangsung bahkan menyebar luas kekhalayak ramai dengan adanya iklan yang semakin meningkat melalui media televisi, dan dengan daya jangkau yang luas. Iklan yang diluncurkan oleh perusahaan dalam mempromosikan indomie menjadi salah satu daya tarik yang mampu membujuk dan menarik perhatian serta minat beli konsumen dalam memilih mie instan merek indomie. Masyarakat Desa Huta Lombang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara banyak yang mengkonsumsi indomie. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara iklan televisi dan kualitas produk terhadap citra merek indomie. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah iklan televisi dan kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap citra merek indomie. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manjemen bisnis, yakni hal yang mempengaruhi citra merek tepatnya citra merek indomie. Menurut sebuah teori yang dikemukakan oleh M. Nur Rianto Al Arif dan atau Fandy Tjiptono bahwa hal yang dapat mempengaruhi citra merek yakni di antaranya iklan televisi dan kualitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 133 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan pengumpulan data yang digunakan teknik angket dan wawancara. Analisa dengan menggunakan statistik yaitu SPSS Versi 23. Hasil analisis koefisien determinasi (r Square) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,370 atau 37% menunjukkan bahwa variabel iklan televisi dan kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 37% terhadap citra merek produk mie instan indomie sedangkan sisanya 63% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh iklan televisi terhadap citra merek dengan nilai thitung > ttabel (7,527 > 1,656) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Variabel kualitas produk tidak berpengaruh terhadap citra merek dengan nilai 1,217 > 1,565 dan signifikansi > 0,05 (0,226 > 0,05). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa iklan televisi dan kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap citra merek dengan nilai Fhitung > Ftabel (38,187 > 3,07).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Iklan Televisi; Kualitas Produk; Citra Merek
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 27 May 2020 04:18
Last Modified: 02 Jun 2020 07:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item