Hasibuan, Tiur Maida (2018) Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran number heads together (NHT) pada pokok bahasan bangun ruang SD N 200202 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya minat dan hasil belajar matematika siswa, masalah ini terjadi karena pembelajaran cenderung berpusat pada guru, sangat sedikit siswa yang berperan aktiv pada saat pembelajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan minat matematika siswa di kelas V SD N 200202 Padangsidimpuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD N 200202 Padangsidimpuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan minat dan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) siswa kelas V SD N 200202 Padangsidimpuan materi bangun ruang Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD N 2002002 Padangsidimpuan. Dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dimana dalam satu siklus 2 kali pertemuan yang melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, obsrvasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes kemampuan sebelum siklus diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa dengan persentase 33,33% dan prsentas minat 25%, pada tes siklus I meningkat menjadi 66,66% dan prsentase minat belajar66,67%. Kemudian pada tes siklus II diperoleh 91,66 dan persentase minat belajar 83,33%. Kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran Number Heads Together (NHT), dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang dikelas V SD N 200202 Padangsimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Number Heads Together (NHT); Minat Belajar; Hasil Belajar; Bangun Ruang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 27 May 2020 06:34 |
Last Modified: | 27 May 2020 06:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1689 |
Actions (login required)
View Item |