Pulungan, Suryani (2018) Analisis kemampuan kognitif siswa pada materi limit fungsi di kelas XI SMK Al-Hasanah Sibuhuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam ranah kognitif, pada mata pelajaran matematika khususnya materi limit fungsi. Siswa beranggapan bahwa materi limit fungsi sangat sulit untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampaun kognitif siswa yang ditinjau dari aspek pengetahuan dan pemahaman, penerapan, dan analisis siswa pada materi limit fungsi di kelas XI SMK Al-Hasanah Sibuhuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK sebanyak 20 orang yang terdiri dari 13 siswi dan 7 siswa, sedangkan instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi, kategorisasi, koding dan pemeriksakaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan kognitif siswa ditinjau dari aspek pengetahuan dan pemahaman pada materi limit fungsi di kelas XI SMK Al-Hasanah Sibuhuan adalah tinggi, dibuktikan bahwa siswa meyelesaikan soal dengan benar sebanyak 17(85%), dan siswa yang salah sebesar 3(15%), dan soal nomor 4 (pemahaman) pada materi limit fungsi, siswa yang menjawab dengan benar 16 (80%), dan siswa yang menjawab dengan salah 4 (20%). Kesalahan siswa pada umunya adalah tidak mengetahui langkah dalam menyelesaikan soal tersebut. Faktor lingkungan, guru, dan kekurangan fasilitas yang dimiliki siswa saat pembelajaran. (2) Kemampuan kognitif siswa ditinjau dari aspek penerapan pada materi limit fungsi di kelas XI SMK Al-Hasanah Sibuhuan adalah sedang dengan 16 (80%) siswa menyelesaikan dengan benar dan 4 (20%) siswa yang salah. Berarti sebagian besar responden mampu menyelesaikan soal dengan baik dan benar. Dan siswa yang salah menyelesaikan soal terdapat pada kemapuan siswa dalam memahami operasi bilangan bulat seperti pada kasus perpangkatan dengan perkalian. (3) Kemampuan kognitif siswa ditinjau dari aspek analisis pada materi limit fungsi di kelas XI SMK AlHasanah Sibuhuan adalah rendah, sebagian besar reponden yang mampu menyelesaikan soal dengan benar yaitu 8 siswa ( 40%) responden menjawab benar dan responden yang tidak mampu menyelesaikan soal pada nomor 3 sebanyak 12 ( 20%) responden menjawab salah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan kognitif; materi limit fungsi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2020 02:42 |
Last Modified: | 27 May 2020 02:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1685 |
Actions (login required)
View Item |