Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Simpanggambir

Husni, Muhammad (2016) Pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Simpanggambir. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa masih rendah. Hal ini disebabkan kondisi kelas mempunyai siswa yang banyak, maka guru tidak dapat memberikan perhatian secara individu. Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya cara yang dipakai yaitu dengan menggunakan intensitas perhatian orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Simpanggambir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket dan tes, dengan jumlah sampel 30 siswa yang diambil dari populasi 154 siswa. Adapun sampel pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik jenis random sampling. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel digunakan rumus product moment dan untuk melihat kesignifikanannya dilihat dengan menggunakan uji t dan F. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa intensitas perhatian orang tua mempuyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Simpanggambir, yaitu dari perhitungan angka korelasi (rxy) sebesar 0,458 dimana nilai tersebut lebih besar dari rtabel = 0,361 dengan hubungan antara kedua variabel “kuat”. Hubungan tersebut signifikan, ini dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai thitung = 2,72 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel = 1,701 untuk interval kepercayaan 5% (0,05) dengan dk = n – 2 = 28. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Simpanggambir dapat dibuktikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perhatian orang tua; prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 May 2020 02:24
Last Modified: 27 May 2020 02:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item