Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) materi himpunan di kelas VII MTs. S MDI Lopian Kabupaten Tapanuli Tengah

Telaumbanua, Arlina Salmiah (2016) Meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) materi himpunan di kelas VII MTs. S MDI Lopian Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran ini dilaksanakan di MTs. S MDI Lopian Kabupaten Tapanuli Tengah. Di lokasi ini terdapat beberapa masalah mengenai Kurangnya motivasi belajar Matematika, kurangnya kemampuan guru dalam memilih model pembelajaran. Masalah tersebut terkait dengan pendapat siswa terhadap materi dan penggunaan model pembelajaran di MTs. S MDI Lopian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meninkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Materi Himpunan di Kelas VII MTs. S MDI Lopian. Manfaat yang diharapkan penelitian ini secara keseluruhan adalah dapat menambah wawasan keilmuan bagi setiap pembaca. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu pendidikan yang membahas tentang penggunaan model pembelajaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan dengan teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran matematika dan aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (Action Research) dengan kolaborasi dengan guru Matematika. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) yaitu kelas VII yang jumlahnya 25 siswa yang terdiri dari 18 siswa dan 7 siswi. Pengumpulan data menggunakan soal tes, observasi, dan angket motivasi belajar. Data yang terkumpul dianalisis ketuntasan individual dan klasikal serta analisis hasil observasi dan angket siswa berdasarkan indikator. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus 3 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk kriteria baik. Aspek perhatian pada siklus I pertemuan I 16 %, siklus I pertemuan II 28 % dan pada siklus II meningkat 68 %. Pada aspek keuletan pada siklus I pertemuan I 20 %, siklus I pertemuan II 28 % dan pada siklus II meningkat 72 %. Pada aspek ketekunan pada siklus I pertemuan I 8 %, siklus I Pertemuan II 16 % dan pada siklus II meningkat 60 %. Pada aspek minat siklus I pertemuan I 24 %, siklus I pertemuan II 28 % dan pada siklus II meningkat 80 %. Pada aspek keberanian siklus I pertemuan I 24 %, siklus I pertemuan II 36 % dan pada siklus II meningkat 64 %. Hasil dari angket motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I rata-rata 56.08 dan pada siklus I pertemuan II rata-rata motivasi 68.48, dan pada siklus II meningkat menjadi 81.32. Dari hasil di atas disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar Matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) materi himpunan di kelas VII MTs. S MDI Lopian Kabupaten Tapanuli Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran; motivasi; siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 May 2020 02:14
Last Modified: 27 May 2020 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item