Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan terhadap pengguna SIM Card Simpati (studi kasus masyarakat Lingkungan 1 Kelurahan Panyanggar Kecamatan Padangsidimpuan Utara)

Lubis, Evnida (2018) Faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan terhadap pengguna SIM Card Simpati (studi kasus masyarakat Lingkungan 1 Kelurahan Panyanggar Kecamatan Padangsidimpuan Utara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00147.pdf

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh persaingan bisnis SIM Card yang semakin ketat. Perusahaan selalu berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumen agar menciptakan pelanggan yang loyal. Akan tetapi SIM Card Simpati selalu menguasai pasar yang memiliki jumlah pelanggan paling tinggi. Masyarakat Lingkungan 1 Kelurahan Panyanggar Kecamatan Padangsidimpuan Utara banyak yang menggunakan SIM Card Simpati. Oleh karena itu ada beberapa faktor yang memengaruhi masyarakat loyal terhadap SIM Card Simpati. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas produk, citra merek, promosi terhadap loyalitas pelanggan pengguna SIM Card Simpati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas produk, citra merek, promosi mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan pengguna SIM Card Simpati. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen bisnis. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan, kualitas produk, citra merek, dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Aksidental sampling dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,604 artinya korelasi antara variabel kualitas produk, citra merek, promosi terhadap loyalitas pelanggan terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R square sebesar 0.335 atau 33,5 % menunjukkan variabel kualitas produk, citra merek, promosi mempengaruhi loyalitas pelanggan dan sisanya 66,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (2,407 > 1,668). Variabel citra merek ada pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai (2.955 > 1,668). Variabel promosi ada pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai (-2,381 <-1,668). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa kualitas produk, citra merek, promosi mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai Fhitung > Ftabel (12,443 >2,17).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitas Produk; Citra Merek; Promosi; Loyalitas Pelanggan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 26 May 2020 15:13
Last Modified: 02 Jun 2020 07:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item