Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan open-ended pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Panyabungan Utara

Lubis, Nur Aisyah (2016) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan open-ended pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Panyabungan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Panyabungan Utara 12 siswa yang kurang aktif, kreatif dan tidak mandiri. Salah satu penyebab siswa kurang kreatif karena siswa kurang dibiasakan dengan masalah-masalah terbuka yang melibatkan logika dan intuisi siswa. Selama ini, siswa hanya mendapatkan pembelajaran yang berpusat pada guru dan bersifat konvensional. Sebanyak 8 siswa meniru tugas temannya disaat ada pekerjaan rumah (PR) dan siswa terlalu malas untuk berpikir yang rumit dalam mengeluarkan pendapatnya disaat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan maka peneliti membuat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan pendekatan open-ended pada pokok bahasan lingkaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Panyabungan Utara?. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Panyabungan Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Panyabungan Utara yang berjumlah 20 Siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pendekatan open-ended pertemuan ke-1 Siklus I dengan nilai rata-rata 62,5% sedangkan pertemuan ke-2 mencapai 72,5%. Pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 78,75% dan pada pertemuan ke-2 mencapai 85%. Hasil ini menunjukkan pendekatan open-ended dapatmeningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dikelas VIII-6 SMP Negeri 1 Panyabungan Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir Kreatif; Open-Ended; Lingkaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 26 May 2020 07:34
Last Modified: 26 May 2020 07:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item