Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi Pembelajaran Kontekstual pada Materi Limit Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan

Nasution, Indra Sakti (2015) Implementasi Pembelajaran Kontekstual pada Materi Limit Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual pada materi limit dimana pembelajaran ini menghubungkan materi limit dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan pembelajaran kontekstual pada materi limit merupakan pengetahuan baru bagi siswa-siswi dimana sebelumnya materi limit identik dengan teorema-teorema tetapi materi limit memilki pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual pada materi limit siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, Apakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala dalam melaksanakan pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI SMANegeri4Padangsidimpuan? Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual pada materi limit siswa kelas XI SMA N 4 Padangsidimpuan, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala dalam melaksanakan pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrument pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan pembahasan dan penelitian maka diperoleh hasil: implementasi pembelajaran kontekstual yang diterapkan pada materi limit cukup baik dengan nilai terendah sebesar 75 dan nilai tertinggi sebesar 90. Selain itu dapat dilihat dari antusias setiap kelompok diskusi dalam melakukan pengamatan yang diberikan oleh ibu guru, serta pembelajaran kontekstual menjadi pengetahuan baru bagi siswa dikarenakan sebelumnya materi limit hanya di jelaskan dengan metode ceramah melalui teorema-teorema yang ditentukan tetapi kali ini melalui pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran yang dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari (nyata). Adapun kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran kontekstual pada materi limit yaitu: (1) Kurangnya rasa ingin tahu beberapa siswa terhadap materi yang sedang dipelajari, (2) Beberapa siswa ada yang tidak fokus/tidak serius dalam melaksanakan pengamatan yang diberikan oleh guru, (3) Beberapa siswa ada yang melaksanakan kegiatan yang lain saat melaksanakan pembelajaran. Misalnya: ribut, tidur, dan mengganggu temannya untuk bercerita, Kurangnya waktu yang digunakan saat melaksanakan proses pembelajaran sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal, (4) Fasilitas yang dimiliki siswa saat melaksanakan proses pembelajaran sangat terbatas sehingga siswa nampaknya kurang kreatif untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala dalam melaksanakan pembelajaran kontekstual pada materi limit di kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan yaitu: (1) Guru berupaya memberikan penjelasan lebih dalam lagi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan yang mana di mulai dari penjelasan metode pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan bagaimana prosedur dalam melaksanakan pembelajaran itu, (2) Guru memberikan gambaran pelaksanan pengamatan itu dengan memberikan sebuah pemodelan(contoh), (3) Guru memandu(membimbing) setiap kelompok dalam melakukan pengamatan(observasi), (4) Guru harus lebih konsisten dalam penggunaan waktu pembelajaran, apabiladalam pembelajaran ini tidak bisadiselesaikan dalam 1 pertemuan, maka bisadi tambah lagi untuk 1 pertemuan lagi dengan melanjutkan materi yang belum terselesaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Matematika; pembelajaran; limit
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 May 2020 06:19
Last Modified: 26 May 2020 06:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item