Siregar, Desi Handayani (2016) Upaya Meningkatkan kemampuan berhitung melalui penerapan metode jarimatika pada operasi perkalian siswa kelas III SD N 101304 Hutajawa Kec. Angkola Sangkunur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan berhitung pada operasi perkalian siswa kelas III SDN 101304 Hutajawa, berdasarkan data awal rendah.Saat proses pembelajaran materi perkalian, guru hanya menyuruh siswa menghafal ataupun menggunakan penjumlahan berulang. Pembelajaran dengan metode hafalan hanya akan membebani memori otak anak, karena daya ingat anak-anak terbatas, sementara dengan menggunakan penjumlahan berulang membutuhkan waktu yang lama, sehingga kemungkinan akan terjadi penjumlahan. Berdasarkan latarbelakang di atas, diadakannya penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa kelas III SDN 101304 Hutajawa. Penelitian ini dilakukan guna melatih kecepatan siswa dalam berhitung serta memberikan kemudahan siswa dalam menyelesaikan soal khususnya dalam materi perkalian. Jarimatika adalah cara hitung-menghitung dengan menggunakan fungsi jari sebagai alat bantu mengoperasikan operasi hitung, kali-bagi-tambah-kurang. Untuk mempermudah proses pembelajaran materi perkalian dengan metode jarimatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Dalam tiap siklus empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection).Subjekdaripenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III SDN 101304 Hutajawa, sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dengan mencari nilai rata-rata siswa dengan teknik persentase. Dari penelitian dan hasil pelaksanaan tindakan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung perkalian dengan menerapkan metode jarimatika. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan berhitung perkalian siswa sebelum dan sesudah diberikannya tindakan. Pada siklus I ada peningkatan untuk kemampuan berhitung perkalian dari siswa yang sudah tuntas belajar sebanyak 44% menjadi 70% .pada siklus II juga ada peningkatan kemampuan berhitung perkalian dari 70% menjadi 84% siswa yang tuntas. Ini berarti bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas III SDN 101304 Hutajawa Kec Angkola Sangkunur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Jarimatika; perkalian; kemampuan berhitung |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 26 May 2020 06:04 |
Last Modified: | 26 May 2020 06:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1651 |
Actions (login required)
View Item |