Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapanmodel pembelajaran contextual teaching and learning pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII-1 Di SMP Negeri 1 Sayur Matinggi

Hasibuan, Rukiah (2018) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapanmodel pembelajaran contextual teaching and learning pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII-1 Di SMP Negeri 1 Sayur Matinggi. UNSPECIFIED thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada materi aritmatika sosial. Hal ini disebabkan siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit dipahami, siswa menganggap matematika adalah ilmu hapalan dari sekian banyak rumus, siswa malas mempelajari matematika, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, siswa kurang paham dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan aritmatika sosial, siswa kurang mampu membuat rencana penyelesaian soal sesuai yang telah ditetapkan, dan siswa tidak melakukan pemeriksaan ulang jawaban yang telah diperoleh, sehingga siswa kurang mampu dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan masalah tersebut peneliti berusaha menyusun dan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi aritmatika sosial. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial siswa kelas VII-1 di SMP Negeri 1 Sayur Matinggi? Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dengan menggunakan metode siklus. Dalam hal ini, peneliti berfungsi sebagai guru dan guru sebagai observasi. Instrument yang digunakan yakni tes yang berbentuk esai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII- 1 SMP Negeri 1 Sayur Matinggi 2018/2019 yang terdiri dari 30 siswa yaitu siswa laki-laki 18 orang dan perempuan 12 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat pada materi aritmatika social melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata tes awal seluruh siswa yaitu 57,67 dan jumlah siswa yang lulus 7 siswa dengan persentase 23,33 dari 30 siswa. Pada tes siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 69,33 dan jumlah siswa yang lulus 14 siswa dengan persentase 46,67 dari 30 siswa. Pada tes siklus I pertemuan 2 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 73,5 dan jumlah siswa yang lulus 20 siswa dengan persentase 66,67% dari 30 siswa. Pada tes siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 75 dan jumlah siswa yang lulus 23 siswa dengan persentase 76,67% dari 30 siswa. Sedangkan pada tes siklus II Pertemuan 2 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 82,5 dan jumlah siswa yang lulus 25 siswa dengan persentase 83,33% dari 30 siswa. ii

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Keywords: Contextual Teaching; Learning; Aritmatika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 26 May 2020 00:35
Last Modified: 26 May 2020 00:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item View Item