Hasibuan, Rahyana (2018) Pengaruh metode buzz group terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran pada kelas VIII SMP N 2 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika, siswa belum terbiasa dengan kelompok belajar, kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan di dominasi oleh metode ceramah sehingga menyebabkan siswa menjadi pembelajar yang pasif dan mudah merasa bosan. Oleh karena itu perlu merubah metode dalam pembelajaran yang selama ini diterapkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan metode Buzz Group. Metode Buzz Group adalah suatu kelompok besar yang dibagi menjadi 2 sampai 8 kelompok yang lebih kecil untuk memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi kelompok besar kemudian kelompok kecil ini diminta untuk melaporkan hasil diskusi yang mereka lakukan kepada kelompok besar. Karakteristik metode buzz group yang diawali dengan pertanyaan berimplikasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan clasical experimental design (satu kelompok eksperimen satu kelompok pembanding). Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Batang Angkola yang berjumlah 110 orang, dengan acuan cluster sampel dengan jenis random sampling (sampel secara acak). Sampel yang digunakan terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrolnya adalah kelas VIII-A dan kelas eksperimennya adalah kelas VIII-B. Instrumen pengumpulan data adalah test berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal pretest serta 20 soal postest. Analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 22 yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan menggunakan paired samples test dan diperoleh signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000. Oleh karena 0.000 0,05 atau dengan melihat nilai Thitung > Ttabel maka ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode buzz group terhadap hasil belajar matematika siswa materi lingkaran pada kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Angkola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Anhar, MA dan Anita Adinda, M.Pd |
Keywords: | Metode Buzz Group; Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 26 May 2020 01:28 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 04:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1645 |
Actions (login required)
View Item |