Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh perhatian orangtua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan

Hasibuan, Minar (2018) Pengaruh perhatian orangtua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian orangtua yang merasa tanggung jawabnya selesai dengan menyekolahkan anaknya, dan masih terdapat siswa yang belum memenuhi peraturan sekolah dan tata tertib sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika, baik secara parsial maupun secara simultan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekspost-facto. Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan yang berjumlah 355 siswa, dan metode pengambilan sampel yaitu cluster sampling yang berjumlah 110 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan metode analisis korelasi dan analisis regresi melalui bantuan aplikasi IBM SPSS versi 23. Hipotesis pertama menunjukkan pengaruh yang signifikan dari perhatian orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan dengan thitung>ttabel(2,923>1,659) dan Fhitung>Ftabel (8,543 > 2,03) dan sig.=0,004<0,05, dan memberikan kontribusi sebesar 7,3%. Hipotesis kedua menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan dengan thitung> ttabel (5,426>1,659) dan Fhitung>Ftabel (29,447>2,03) dan sig.=0,000<0,05, dan memberikan kontribusi sebesar 21,4%. Hipotesis ketiga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari perhatian orangtua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan dengan Fhitung>Ftabel(16,434>2,03) dan sig.=0,000<0,05 dan memberikan kontribusi sebesar 23,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M. Ag dan Almira Amir, M. Si
Keywords: Perhatian Orangtua; Kedisiplinan Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 26 May 2020 01:27
Last Modified: 23 Aug 2021 09:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item