Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam di MTs Islamiyah Pintu Padang/Siunggam Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Simamora, Sagiman (2016) Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam di MTs Islamiyah Pintu Padang/Siunggam Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MTs Islamiyah Pintu Padang/Siunggam Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MTs Islamiyah Pintu Padang/Siunggam,dan bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MTs Islamiyah Pintu Padang/Siunggam. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MTs Islamiyah Pintu Padang/Siunggam, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MTs Islamiyah Pintu Padang/Siunggam.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan adanya. Hasil penelitian ini adalah bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam masih ada masalah-masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar yaitu: dalam pemahaman kondisi siswa guru tidak memperhatikan kondisi fisik siswa, perencanaan program pembelajaran guru dalam bentuk RPP sudah dilakukan, tetapi tidak dibawa setiap pertemuan, pemanfaatan teknologi, sekolah kurang mempunyai fasilitas media pembelajaran, pelaksanaan pendidikan guru hanya lebih dominan menggunakan metode ceramah, pengevaluasian pembelajaran lebih sering pembuatan tugas di rumah (PR) dan pengembangan siswa yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam adalah remedial dan ekstra kurikuler sedangkan bimbingan konseling tidak terlaksana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kompetensi Pedagogik; Guru Pendidikan Agama Islam; MTs Islamiyah Pintu Padang/Siunggam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 May 2020 05:56
Last Modified: 02 Jun 2020 07:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item View Item