Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi mahasiswa terhadap metode seminar dalam perkuliahan jurusan PAI (FTIK) IAIN Padangsidimpuan

Nasution, Rohana Efriani (2016) Persepsi mahasiswa terhadap metode seminar dalam perkuliahan jurusan PAI (FTIK) IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap metode seminar dalam perkuliahan jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di IAIN Padangsidimpuan, Jenis metode yang digunakan dalam perkuliahan jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di IAIN Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap metode seminar dalam perkuliahan jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di IAIN Padangsidimpuan, untuk mengetahui jenis metode yang digunakan dalam perkuliahan jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di IAIN Padangsidimpuan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, yang bertempat Jln. H. T. Rizal Nurdin KM. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya. Sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh dari mahasiswa semester V jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan hanya 20 orang sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang diperoleh dari wawancara dengan mahasiswa dan buku yang berkaitan dengan judul. Dan teknik pengumpulan data ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi mahasiswa terhadap metode seminar yang dilakukan dosen dalam proses pembelajaran mahasiswa pada jurusan Pendidikan Agama Islam pada umumnya dilakukan dengan kegiatan metode seminar kerja kelompok dan melakukan Tanya jawab antara pemateri dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan dosen, dan masih banyak mahasiswa yang kurang berperan aktif yaitu kurang keberanian untuk berbicara, kurang menguasai materi pelajaran, tidak ada motivasi untuk belajar, kurang membaca buku. Kemudian dengan digunakannya metode pembelajaran bervariasi yaitu dengan memadukan atau mengkombinasikan beberapa jenis metode pembelajaran, seperti metode ceramah, Tanya jawab, seminar, penugasan, sehingga para mahasiswa semangat untuk mengikuti proses belajar mengajar yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Persepsi Mahasiswa; Metode Seminar dalam Perkuliahan Jurusan PAI (FTIK); IAIN Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 May 2020 05:46
Last Modified: 02 Jun 2020 08:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item