Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru matematika di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Timur

Malyana, Yuli (2016) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru matematika di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika yang disebabkan adanya keluhan siswa terhadap kompetensi profesional guru matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persespi siswa tentang kompetensi profesional guru matematika dan dalam kategori apakah kompetensi profesional guru matematika berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu angket dan melakukan wawancara, dengan jumlah subjek penelitian 55 siswa kelas XI IPA. Selanjutnya untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru matematika, maka data yang diperoleh dari hasil angket dan hasil wawancara akan dianalisis dan dideskripsikan. Dan untuk mengetahui dalam kategori apakah yang diberikan siswa untuk kompetensi profesional guru matematika, akan dilakukan analisis skala likert terhadap data hasil angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah persepsi siswa secara umum menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru matematika dinilai baik oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara, yaitu dari 55 siswa yang memberikan persepsi tentang kompetensi profesional guru matematika ada 40 atau 72% siswa yang mempersepsikan kompetensi profesional guru matematika baik. Tetapi secara khusus ada 15 atau 28% siswa mengatakan guru matematika kurang memperhatikan siswa-siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan cepat. Sehingga seringkali mereka ketinggalan materi dari siswa-siswa yang lainnya. Hal ini disebabkan karena perbedaan tingkat pemahaman yang dimiliki oleh setiap siswa. Dan berdasarkan perhitungan yang dilakukan terhadap data hasil angket, kompetensi profesional guru matematika dikategorikan baik dengan interpretasi skor 76,92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Persepsi siswa; Kompetensi profesiona
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 May 2020 00:38
Last Modified: 21 May 2020 00:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item