Simanjuntak, Yuyun Utary (2016) Kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Sibolga (studi pada pokok bahasan garis singgung lingkaran). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan koneksi siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Mengingat koneksi matematika adalah salah satu kemampuan yang menjadi dasar tujuan pembelajaran matematika. Koneksi matematika terjadi antara matematika dengan matematika itu sendiri atau antara matematika dengan di luar matematika. Dengan kemampuan koneksi matematika selain memahami manfaat matematika, siswa mampu memandang bahwa topik-topik matematika saling berkaitan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan koneksi matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII Unggulan A dan kelas VIII Unggulan E SMPN 3 Sibolga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran di Kelas VIII SMPN 3 Sibolga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Unggulan A yang berjumlah 30 orang dan VIII Unggulan E yang berjumlah 30 orang SMPN 3 Sibolga dimana dalam penentuan sampelnya dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes dan wawancara. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kemampuan koneksi matematika siswa masih kurang, dimana persentase kemampuan koneksi siswa dalam mengkoneksikan antar ide-ide dalam matematika pada materi garis singgung lingkaran tergolong sedang dimana hasil persentasenya berkisar antara 33,33% sampai 80%, kemampuan siswa dalam mengkoneksikan ide satu dengan ide lain antara topik dalam matematika pada materi garis singgung lingkaran tergolong sedang dimana hasil persentasenya berkisar antara 10% sampai 73,33%, kemampuan siswa dalam mengaplikasikan matematika ke dalam kehidupan sehari-hari pada materi garis singgung lingkaran tergolong rendah dimana haasil persentasenya berkisar antara 0% sampai 20%. Kendala siswa dalam membentuk kemampuan koneksi matematika adalah pengetahuan awal yang masih kurang serta tidak mengerti rumus-rumus dipelajaran yang lalu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan koneksi matematika; Garis singgung lingkaran |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 20 May 2020 23:40 |
Last Modified: | 20 May 2020 23:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1602 |
Actions (login required)
View Item |